Nelayan Diingatkan Bahaya Cuaca Buruk

NELAYAN
PATROLI: Petugas kepolisian saat melakukan patroli di pantai wilayah Selatan, Kamis kemarin (18/3).

PRAYAKondisi cuaca di wilayah Lombok Tengah masih kurang bersahabat. Hal inilah yang membuat Satuan Polisi Perairan Polres Lombok Tengah turun tangan untuk mengimbau nelayan untuk mewaspadai cuaca buruk guna menghindari kecelakaan di laut.

Kasat Polair Polres Lombok Tengah, IPTU Acim mengaku sedang gencarnya turun mengawasi dan mengedukasi nelayan atas kondisi cuaca yang kurang bersahabat dan sangat membahayakan.

“Kami juga mengimbau kepada para nelayan agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang tiba-tiba berubah saat sedang melaut, karena ini sangat membahayakan,” imbau Acim saat ditemui di Polres Lombok Tengah, Kamis (18/3).

Sebagai langkah antisipasi terjadinya kecelakaan saat melaut, para nelayan diharapkan selalu membawa perlengkapan keselamatan diri. Karena tidak bisa dipungkiri cuaca saat ini terkadang tidak menentu. “Tidak jarang hujan lebat disertai angin kencang sering terjadi tiba-tiba.Maka jaket, pelampung, lampu dan kelengkapan lainnya perlu disiapkan sebelum melaut,” tambahnya.

Acim juga meminta agar nelayan tak memaksanakan diri melaiut jika cuaca sedang buruk, karena keselamatan diri harus lebih diutamakan. Dengan kondisi musim yang tidak bersahabat ini, lebih baik dimanfaatkan oleh para nelayan untuk memperbaiki alat tangkap.

“Kami minta kepada para nelayan agar lebih mengutamakan keselamatan dan dengan meningkatkan patroli rutin di perairan wilayah hukum Polres Lombok Tengah akan meminimalisir terjadinya kecelakaan di laut. Sehingga aktivitas di wilayah tersebut tetap aman dan kondusif,” tambahnya.

Ditambahkan Acim, petugas juga terus menggalakkan sosialisasi kepada para kelompok nelayan disekitar pos penjagaan untuk mengingatkan kewaspadaan. Termasuk bagaimana tetap mematuhi protokol Covid-19 dan mematuhi berbagai imbauan yang ada.

“Dengan kehadiran kami di tengah-tengah masyarakat, kita harapkan  dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Kita juga terus berupaya untuk menjaga keamanan terutama di wilayah laut kita. Ini juga untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya berbagai kejadian di laut,” tegasnya .(met)

BACA JUGA :  Nelayan KLU Belum Siap Terima Bantuan Kapal