Nelayan Dihimbau Hati-hati Melaut

MATARAM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram menghimbau para nelayan untuk tetap berhati-hati dan waspada saat melaut. Saat ini kondisi cuaca masih belum stabil sampai beberapa hari ke depan.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram H. Supardi mengatakan, berdasarkan hasil laporan BMKG, saat ini masih ada potensi gelombang tinggi di pesisir Kota Mataram dengan ketinggian 0 sampai 4 meter. Para nelayan yang ingin melaut diharapkan untuk berhati-hati.

Saat ini kondisi memang normal.” Silahkan  melaut, tetapi tetap harus hati-hati,” ungkap Supardi kepada Radar Lombok kemarin.

Cuaca buruk yang menyebabkan terjadinya banjir rob tidak hanya terjadi di Mataram, melainkan terjadi di banyak daerah di Indonesia. Khusus di Nusa Tenggara, selain karena pengaruh astronomi, rob juga dipengaruhi karena adanya penjalaran alun yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis yang ada di barat Autralia.”Diramalkan akan masih terjadi sampai Selasa pekan depan,” ungkapnya.

BPBD intens berkomunikasi dengan BMKG untuk mengetahui ramalan cuaca. Pasalnya beberapa hari yang lalu meskipun hanya satu kali, gelombang pasang kembali naik dan menimpa pemukiman warga. Dari itu hasil laporan yang disampaikan oleh BMKG kondisi cuaca dan gelombang yang tidak menentu ini kemungkinan akan berhenti sampai pekan depan atau antara hari Senin sampai Selasa dua hari lagi.

Namun begitu, ini sifatnya hanya ramalan yang tidak bisa dipastikan apakah akan terjadi atau tidak. Pantauan koran ini, di pesisir pantai Ampenan kemarin tepatnya di eks Pelabuhan Ampenan gelombang laut normal. Terlihat banyak nelayan yang melaut.(ami)

BACA JUGA :  Konversi Elpiji Nelayan Diklaim Berhasil