Negara Jangan Kalah Oleh Pelaku Illegal Logging

Kolonel Inf Farid Makruf (Ali Ma’shum/Radar Lombok)

MATARAM— Pembalakan liar (illegal logging) di hutan NTB masih marak terjadi.

Aparat penegak hukum yang memakili negara tidak boleh kalah oleh pelaku illegal logging ini. ‘’ Negara tidak boleh kalah oleh pelaku illegal logging ini,’’ ujar Komandan Korem (Danrem) 162/WB Kolonel Inf Farid Makruf Jumat  kemarin (28/10).

Dikatakan, pihaknya  tetap memberikan atensi untuk memerangi illegal logging ini. Terlebuh lagi setelah kunjungan  Menteri  Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan  yang berpesan kepada pemda dan TNI/Polri agar terus memberantas illegal logging. ‘’ Jadi perintah beliau (Menko Maritim, red) sudah jelas jangan sampai negara kalah melawan para pelaku illegal logging,’’ katanya.

Praktek illegal logging sangat membahayakan kehidupan untuk generasi penerus yang akan datang.   Dirinya dan Kapolda serta dinas kehutanan sudah membentuk satuan tugas (satgas) untuk memberantas illegal logging tersebut. ‘’ Bisa rusak alam kita kalau ini dibiarkan.  Satgas sudah dibentuk, sampai kapanpun kalau pelaku main-main akan kita tangkap,’’ ungkapnya.

Sebenarnya kata Danrem, aksi penindakan terhadap pelaku illegal logging ini sudah dilakukan. Penangkapan terhadap pelaku sudah dilakukan pihak-pihak terkait termasuk TNI.

Danrem mengatakan, di daerah Lombok Barat (Lobar) ada tiga kasus illegal logging yang berhasil diungkap. Kemudian di daerah Sumbawa disebutnya cukup banyak yang berhasil digagalkan. ‘’ Khusus di pulau Sumbawa itu jumlahnya cukup banyak,’’ terangnya.

Namun diakui  masih ada cukung yang bermain dalam kasus illegal logging ini. Untuk itu, pihaknya akan tetap mendorong aparat kepolisian untuk mengungkap dan menangkap cukong pembalakan liar ini.(gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid