Nasib Pariwisata Pantai Maluk Setelah PT Newmont Nusa Tenggara Hengkang

Semakin Tak Terawat dan Kumuh, Pengunjung Mulai Sepi

Pariwisata Pantai Maluk
TIDAK TERAWAT: Seorang anak naik sepeda di pinggir Pantai Maluk. Pantai Maluk ini sebelumnya menjadi destinasi pariwisata primadona di Sumbawa Barat, tapi kini justru kian kumuh dan tidak terawat. (Lukmanul Hakim/Radar Lombok)

Pantai Maluk  salah  satu destinasi pariwisata andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa Barat dalam menjaring wisatawan. Sayang, kondisinya kini memperihatinkan.


LUKMANUL HAKIM – TALIWANG


Kawasan Pantai Maluk yang berada di Kecamatan Maluk, sebelumnya pernah menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sumbawa Barat. Keindahan pantai dengan pasir putih seperti butiran merica, air yang bersih dan bening serta kebersihan pantai yang terjaga menjadi daya tarik Pantai Maluk.  Selain itu didukung juga dengan ketersediaan berbagai fasilitas umum, mulai toilet, musalla dan   tempat mainan  anak-anak.

Di kawasan Pantai Maluk ini juga pengunjung bisa dengan mudah mendapatkan menu makanan khas Sumbawa, seperti sepat, singang dan juga ikan segar siap dibakar  dan bumbu-bumbu yang khas daerah setempat. Fasilitas di pantai ini dibangun dari   bantuan dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility-CSR) dari PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) ketika belum beralih kepemilikan saham menjadi milik pengusaha dalam negeri.

Namun kini, berbagai fasilitas dan keindahan Pantai Maluk  sudah mulai lenyap. Bahkan, kondisi Pantai Maluk yang dulu sebelum tahun 2015 nampak hidup dan menggerakan perekonomian pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) penduduk setempat perlahan mulai tidak terawat. Bangunan seperti rumah makan dan fasilitas permainan untuk pengunjung juga sudah tak terurus bahkan rusak.  Selain itu atap bangunan rumah makan serta berugak yang dibangun juga tampak rapuh. Belum lagi sampah plastik dan sampah rumah tangga dan ternak yang lainnya semakin membuat kawasan Pantai Maluk seperti kumuh.

1
2
3
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid