Nasib Bypass Lembar-Kayangan “Menggantung”

FS yang disusun, akan menentukan banyak hal. Terutama jalur pembangunan jalan bypass Lembar-Kayangan. Jalan bisa saja dibangun dari Lembar menyusuri wilayah selatan sampai tembus ke Kayangan, atau dibangun melalui wilayah Utara.

Hal yang paling memungkinkan menurut Ardhi, pembangunan jalan dilakukan melintasi wilayah utara Pulau Lombok. Pasalnya, apabila bypass dibangun menelusuri wilayah selatan, maka akan lebih banyak biaya pembebasan lahan yang dibutuhkan. “Kita tunggu saja,” ucapnya.

Baca Juga :  Beraksi di Bypass, Pelaku Curanmor Diciduk

Panjang  bypass dari Lembar-Kayangan mencapai 103 kilometer. Total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 5 triliun untuk konstruksinya. Meskipun mahal, namun manfaatnya akan sangat besar bagi masyarakat NTB.

Baca Juga :  Bypass Lembar-Kayangan Dipastikan Gagal

Adanya  bypass juga dinilai sangat penting karena memperhitungkan tingkat kejenuhan arus dari Lembar-Kayangan dan juga sebaliknya. Akibatnya biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan tersebut menjadi lebih tinggi. (zwr)

Komentar Anda
1
2
3
4