NasDem Siap Calonkan Anies di Pilpres 2024

nasdem
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berkunjung ke kantor DPP Partai NasDem untuk berdiskusi langsung dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. (SABIK AJI TAUFAN/JAWAPOS.COM)

JAKARTA — Perhelatan Pilpres 2019 belum lama selesai, Jokowi-Ma’ruf sebagai paslon pemenang pemilu pun belum dilantik. Namun, partai NasDem sudah langsung mewacanakan dukungan politiknya untuk 2024.

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh mengatakan, partainya akan mengusung Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. Keputusan itu diungkapkannya setelah bertemu Anies Baswedan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, dirinya enggan mengomentari manuver politik partai lain. Bagi PDIP saat ini fokusnya adalah mengawal pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin di lima tahun mendatang. “Kita fokus mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin agar berhasil pemerintahannya. Tetapi masing-masing partai punya cara dan strategi, kami tidak campur tangan,” ujar Hasto di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Tengku Umar, Jakarta, Rabu (24/7).

Baca Juga :  TKN Fanta Prabowo-Gibran Gelar Kompetisi Permainan Tradisional di Lombok

BACA JUGA: Sengketa “Foto Cantik” Evi Dilanjutkan

Menurut Hasto, Pilpres 2024 masih jauh. Sehingga, belum terpikirkan di pilpres periode selanjutnya ini. Apalagi saat ini PDIP masih disibukkan dengan hajatan akbar Kongres di Bali 8-11 Agustus 2019 nanti. “Kami boro-boro berpikir 2024 kami baru mempersiapkan kongres dan bagaimana agar memberikan dukungan yang lebih baik yang lebih efektif bagi Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin,” katanya.

Walaupun sudah memberikan dukungan ke Anies Baswedan. Namun, Hasto mengatakan, Partai NasDem tetap mengawal pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin selama lima tahun ke depan. “Tetapi visi misi partai mengikat kami bersama untuk saling bekerja sama saling menopang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Rabu (24/7). Pertemuan digelar di Kantor DPP Nasdem Cikini, Jakarta Pusat, dibalut dalam silaturahmi sesama kawan lama.

Baca Juga :  Bara JP NTB : Selamat Prabowo - Gibran Terpilih Jadi Presiden dan Wapres 2024 - 2029

BACA JUGA: Partai Berkarya Siap Berikan Warna pada Pilkada 2020

Ditemui usai pertemuan, Surya Paloh mengatakan siap memberikan dukungan politik kepada Anies. Bahkan untuk mengusungnya sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. “Sudah pastilah dukungannya lahiriyah dan batiniyah,” ujar Surya diringi tawa.

Meski begitu, Paloh menilai keputusan akhir ada di tangan Anies apakah siap maju sebagai capres atau tidak. Selain itu, Paloh juga beranggapan mencalonkan kandidat di pilpres tidak cukup hanya dari satu partai saja. “Insyaallah apabila semua berjalan dan sesuai dengan harapan. Dukungan itu kan tidak bisa hanya datang dari pada satu kelompok, termasuk satu institusi parpol NasDem,” jelasnya. (JPG)

Komentar Anda