NasDem Pecat Suami Wagub Rohmi, Usulan PAW DPRD NTB Segera Dilakukan

MATARAM–Anggota DPRD NTB dapil Lombok Timur Utara Khairul Rizal telah dipecat dari keanggotaan Partai NasDem.

Pemecatan Khairul Rizal ditandai dengan telah ditariknya Kartu Tanda Anggota (KTA).

Sekretaris DPW Partai NasDem NTB Wahidjan mengatakan, DPP Partai NasDem telah menerbitkan surat pemecatan Khairul Rizal dari keanggotaan Partai NasDem dengan nomor surat: 02/DPP/NasDem/I/2023 tertanggal 18 Januari 2023.

“Surat dari DPP telah diserahkan DPW kepada Pak Khairul Rizal yang diwakili Saudara Nashib Ikroman,” kata Wahidjan, Minggu (22/1/2023).

Adapun alasan pemberhentian dan pencopotan karena dinilai telah melakukan pelanggaran terhadap AD/ART partai dan tidak loyal terhadap kebijakan Partai.

Baca Juga :  Diberhentikan NasDem, Khairul Rizal Jabat Ketua Perindo NTB

“Beliau dianggap telah melakukan pelanggaran dan tidak loyal terhadap keputusan partai,” tegas mantan aktivis serikat tani NTB ini.

Suami Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah itu tidak bersedia dicalonkan lagi sebagai caleg Partai NasDem pada Pileg 2024 dan tidak menandatangani pakta integritas.

Sikap Khairul Rizal itu dianggap oleh DPP Partai NasDem sebagai bentuk sikap tidak loyal terhadap partai dan pelanggaran AD/ART partai.

Pasalnya, DPP telah mewajibkan seluruh Anggota Fraksi Partai NasDem di semua tingkatan baik DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota agar kembali mencalonkan diri sebagai caleg dan menandatangani pakta integritas.

Baca Juga :  Jadi Pecandu Sabu Kategori Sedang, Anggota DPRD Lobar AM Rehab Jalan

“Sedangkan Pak Khairul Rizal tidak mau mematuhi dan melaksanakan garis kebijakan partai. Sehingga diberhentikan dan dicopot dari keanggotaan partai,” terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya pun berencana Selasa ini (24/1/2023) akan menyerahkan surat permohonan usulan pergantian antarwaktu (PAW) Khairul Rizal dari jabatan Anggota DPRD NTB kepada Pimpinan DPRD NTB.

“PAW kita mengacu kepada undang-undang yakni caleg pengganti adalah peraih suara terbanyak berikutnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota DPRD NTB Khairul Rizal belum memberikan komentar apapun terkait pemberhentian dirinya dari kader dan keanggotaan Partai NasDem. (yan)

Komentar Anda