NasDem NTB Tidak Tahu Uang Saksi Lotim Belum Tuntas Dibayar

Partai NasDem
Partai NasDem

MATARAM — Partai NasDem Lombok Timur (Lotim) belum menuntaskan pembayaran uang saksi pada Pemilu 2019.

Terkait hal tersebut, DPW Partai NasDem NTB tidak bisa berkomentar banyak. “Saya belum bisa komentar,” kata Sekretaris DPD Partai NasDem NTB, Multazam kepada Radar Lombok, Selasa (28/5) kemarin.

BACA: NasDem Lotim Belum Tuntas Bayar Saksi

Dia mengaku belum mengetahui persoalan tersebut, sehingga dirinya belum bisa berkomentar. “Nanti saya konfirmasi dulu masalah ini ke Ketua NasDem Lotim,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai NasDem Lotim, Mustayib yang dikonfirmasi Radar Lombok tidak memberikan respons. Pesan WhatsApp hanya dibaca dan tidak direspons. Saat ditelepon juga tidak diangkat.

Sebelumnya, salah satu koordinator saksi Partai NasDem, Ahmad Fatoni mengatakan, Partai NasDem Lotim belum melunasi sebagian pembayaran yang menjadi hak mereka sebagai saksi.

Dirinya dan rekan yang lain sudah capek dijanjikan terus sama caleg yang merekrut mereka. “Calegnya begitu ditagih jawabannya itu saja. Katanya Pak Wakil Bupati (Rumaksi yang juga Ketua Partai NasDem Lotim) belum memberikan sisanya, makanya dalam minggu ini kami ada rencana untuk datang ke Pendopo Wakil Bupati untuk menagih sisa dana saksi atau sisa honor kami,” lugasnya.

BACA JUGA: Ada Gugatan, Penetapan Caleg DPRD NTB Terpilih Ditunda

Persoalan ini diungkapkan juga oleh Caleg Partai NasDem Lotim, Lalu Muhammad Sabri. Akibatnya kata Sabri, dirinya lah yang terus-terusan ditagih oleh saksi. “Hal ini sudah kami laporkan ke Ketua DPD NasDem Lotim H. Rumaksi melalui orang yang beliau percaya, tapi belum memberikan jawaban,” katanya, Senin (27/5) lalu.

Saparwadi, Caleg Partai NasDem Lotim lainnya mengatakan, persoalan ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, harus segera diselesaikan oleh Partai NasDem. Pihaknya sendiri sudah berusaha berkontribusi penuh kepada partai dengan menyumbangkan suara untuk mengamankan kursi di masing masing dapil. Kemudian terkait saksi, pihaknya juga sudah urunan. “Sepengetahuan saya semua caleg memberikan dana saksi dengan besaran yang disepakati bersama pada saat rapat waktu itu,” tuturnya.

Karena itu, dia meminta persoalan tersebut agar segera diselesaikan. Jika persoalan tersebut tak kunjung diselesaikan, maka bisa merusak marwah Partai NasDem. “Partai harus bisa memberikan tanggung jawabnya terhadap tenaga saksi yang sudah dimanfaatkan,” ucap politisi muda Partai NasDem Lotim tersebut. (yan)