NasDem Lotim Target 8 Kursi Pileg 2024

LOMBOK Rumaksi (AHMAD YANI/RADAR)

MATARAM–DPD Partai NasDem Lombok Timur (Lotim) mematok target bisa meraih 8 kursi di DPRD pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024.
Target ini dinilai tak terlalu muluk untuk bisa diraih. Pasalnya, dari lima dapil di DPRD Lotim, ada sejumlah daerah pemilihan (dapil) yang berpeluang bisa menyumbang raihan dua kursi. “8 kursi sudah melalui perhitungan dan kalkulasi matang,” kata Ketua DPD NasDem Lotim Rumaksi kepada Radar Lombok, kemarin.
Kendati begitu, Rumaksi tidak mau menyebutkan dapil mana saja yang berpeluang menyumbangkan dua kursi. “Ini soal strategi internal partai,” ujarnya.

Diungkapkan, pihaknya sudah melakukan penjaringan dan mempersiapkan bacaleg yang akan diturunkan pada Pileg 2024. Relatif bacaleg yang akan diturunkan sudah punya popularitas dan elektabilitas di dapil masing-masing.

Ditegaskan, pihaknya sangat selektif dalam melakukan penjaringan bacaleg. Mereka yang diturunkan harus betul-betul siap bertarung meraih kemenangan. “Bacaleg yang kami siapkan bukan kaleng-kaleng. Mereka sungguh-sungguh dan punya komitmen kuat untuk menang,” ucap Wakil Bupati Lotim ini.

Ia tidak menampik, NasDem akan memperoleh efek ekor jas dari pencalonan Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden dari NasDem. Menurutnya, sosok Anies santun, religius, cerdas sudah memperoleh tempat tersendiri di hati masyarakat NTB termasuk di Lotim. “Sosok Anies sesuai dengan kultur masyarakat kita di NTB yang religius,” terangnya.

Sehingga pihaknya optimistis Anies akan bisa meraih 80 persen suara di NTB termasuk di Lotim. Terkait pro kontra penerapan proporsional terbuka atau tertutup pada Pileg 2024, Rumaksi menegaskan, NasDem memilih proporsional terbuka. DPP pun sedang berjuang agar proporsional terbuka tetap dipertahankan karena dinilai lebih representatif dan demokratis. “Proporsional terbuka sudah tepat dan ideal,” lugasnya. (yan)
AHMAD YANI/RADAR LOMBOK
Rumaksi

Komentar Anda