Nasdem dan PAN Serius Jajaki Koalisi

SALINH JAJAKI: Jajaran Partai Nasdem NTB kian serius saling menjajaki dengan PAN NTB menuju suksesi pilkada 2018 (Dok/Radar Lombok)

MATARAM — Elit dan tokoh parpol terus bergerilya menjalin komunikasi dan menjajaki koalisi di Pilkada NTB.  Misalnya, antara elit Partai Nasional Demokrat dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Ketua Partai Nasdem NTB, Muhammad Amin, mengakui, pihaknya sudah beberapa kali bertemu dan bersilaturahmi dengan ketua PAN NTB, Muazzim Akbar. Pertemuan tersebut sebagai tindak lanjut dari keseriusan kedua belah pihak dalam menyamakan dan menyatukan pandangan dan persepsi terkait pembangunan di NTB kedepan.

"Prinsipnya, Nasdem serius berkomunikasi dengan semua Parpol. Tak terkecuali PAN," kata Amin juga Wakil Gubernur NTB, kepada Radar Lombok, kemarin.

Menurutnya, Partai Nasdem dan PAN memiliki banyak kesamaan. Sehingga itu memudahkan kedua belah pihak dalam berkomunikasi dan menjajaki peluang koalisi di Pilkada NTB.

Kedua belah Parpol pun, kata Amin, sudah menjadi pendukung pemerintahan Jokowi-JK di tingkat pusat. Elit kedua Parpol ditingkat pusat pun relatif sudah memiliki komunikasi politik cukup baik. Karena itu, koalisi Partai Nasdem dan PAN sangat terbuka berkoalisi baik di Pilkada NTB dan Pilkada kabupaten kota.

"Kita ingin koalisi dibangun tidak hanya ditingkat di Pilkada NTB tapi juga di Pilkada kabupaten kota," terangnya.

Meskipun, hingga saat ini belum ada kesepakatan apapun Partai Nasdem dengan PAN maupun Parpol lainnya. Amin juga tak menolak dan mengiyakan ada rumor paket Muhammad Amin-Muazzim Akbar. Menurutnya, itu sah-sah saja dalam politik. Terlebih, para elit politik dan pimpinan Parpol terus berkomunikasi dan menjajaki peluang koalisi.

BACA JUGA :  Gerindra Belum Putuskan Bergabung

"Saya kira siapapun berhak berspekulasi dan berwacana," imbuhnya.

Beberapa waktu lalu, sinyal koalisi PAN dan Nasdem dilontarkan ketua umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, dalam kunjungan kerja di Mataram. Lontaran itu disampaikan dihadapan Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin yang juga ketua DPW Partai Nasdem.

Zulkifli Hasan mengatakan, PAN ingin bermitra atau berkoalisi Partai Nasdem di NTB dalam Pilkada serentak 2018.

Ketua DPW PAN NTB, Muazzim Akbar pun mengakui, bahwa Partai Nasdem menjadi salah satu Parpol serius menjajaki komunikasi politik dengan PAN. Kendati, belum ada kesepakatan apapun diantara kedua belah pihak. "Relatif Nasdem cukup serius berkomunikasi dengan kita ," ungkap mantan anggota DPRD NTB itu.

Meski, komunikasi politik dibangun belum mengarah kepada terkait figur kemungkinan didukung dan diusung di Pilkada NTB. Namun, bagaimana mendorong dan mempercepat pembangunan segala aspek di NTB. Tujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terlebih, kedua Parpol memiliki prosedur tetap (Protap) dan mekanisme internal dalam menjaring calon kepala daerah.

"Relatif penjaringan masih berlangsung. Sehingga kita belum bicara figur," pungkasnya.(yan)