NasDem dan Gerindra Matangkan Wacana Koalisi

Multazam
Multazam.( IST/)

MATARAM–Melalui para perwakilan kader di DPRD NTB, NasDem dan Gerindra terus menunjukkan keseriusan membangun koalisi di Pilkada Kabupaten Lombok Utara (KLU) 2020. Beberapa kali pertemuan digelar mematangkan format koalisi. “Kita coba terus matangkan koalisi bersama Gerindra,” kata Sekretaris DPW Partai NasDem NTB Multazam, Kamis (10/10) kemarin.

Menurutnya, NasDem dan Gerindra sudah cukup aktif jalin komunikasi dan lobi politik. Bahkan, tidak sebatas dengan Gerindra. Pihaknya juga sudah jalin komunikasi dengan PAN, PPP, Golkar, dan lainnya. Hanya saja belum ada komitmen politik apapun.

Pihaknya menghormati proses di internal masing-masing parpol terkait penjaringan bakal calon kepala daerah. Tentunya dengan tetap mempertimbangkan kepentingan parpol yang ingin bergabung. “Prinsipnya, di Pilkada KLU tidak ada bisa mengusung paslon sendiri. Semua parpol butuh mitra koalisi,” tandas Anggota DPRD NTB dapil Lombok Barat-KLU tersebut.

Terkait siapa figur yang diusung, menurutnya sangat tergantung dari proses penjaringan di internal parpol koalisi. Dari hasil penjaringan, parpol kemudian menyodorkan figur yang mau diusung ke parpol koalisi. Kemudian akan dibahas dan dibicarakan di tingkat parpol koalisi tersebut. “Prinsipnya, figur kita usung tentu atas kesepakatan semua koalisi,” tandasnya.

Partai NasDem sendiri, kata Multazam, saat ini sedang membuka penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati di Pilkada KLU. Pihaknya mempersilakan baik kader maupun non-kader untuk daftarkan diri di pilkada.

Dalam kesempatan itu, dia menyarankan kepada figur yang mau maju hendaknya tidak hanya bangun komunikasi politik dengan satu parpol saja. Mengingat butuh koalisi untuk mengusung pasangan calon. NasDem hanya punya dua kursi, sementara syarat minimal parpol atau gabungan parpol bisa usung pasangan calon minimal punya enam kursi. “Makanya nanti figur itu juga harus bisa membawa parpol mitra koalisi,” tandasnya.

Ketua DPC Partai Gerindra KLU, Sudirsah Sujanto mengatakan, pihaknya bersama NasDem terus jalin komunikasi menyatukan pandangan dan kepentingan di Pilkada KLU. “Format koalisi terus coba kita matangkan,” lugasnya. (yan)