Hanya Nama Andik Yang Sudah Aman

JAKARTA – Alfred Riedl enggan memberikan harapan terlalu lama bagi total 47 pemain yang telah mengikuti seleksi tim nasional (timnas)proyeksi Piala AFF 2016. Ya, oleh pelatih asal Austria itu, para pemain seleksi yang kualitas bermain bola serta performa fisik di bawah rata-rata langsung dikembalikan ke klub.

Sebaliknya, mantan pelatih PSM Makassar itu sudah merekomendasikan 23 nama ke PSSI untuk dipersiapkan untuk pertandingan ujicoba internasional melawan timnas Malaysia, di Stadion Manahan Solo 6 September mendatang. Hanya, para pelatih masih meyimpan rapat sebagian besar dari para pemain yang mendapat kepercayaan tersebut.

“Nama-nama pemain sudah kami serahkan ke federasi. Rencananya awal pekan depan nama-nama itu akan segera diumumkan oleh PSSI ke publik,” kata Wolfgang Pikal, asisten pelatih Riedl, kemarin (26/8). “Sudah tentu mereka yang kami rekomendasikan adalah pemain pemain terbaik selama seleksi,” timpalnya.

Dari total 23 pemain itu, Pikal hanya membocorkan bahwa tiga di antaranya adalah berposisi sebagai penjaga gawang. Nah, untuk posisi lain, tim pelatih memanggil masing-masing dua pemain di posisi yang sama. Dan, Andik Vermansah, mantan striker Persebaya Surabaya yang saat ini berkompetisi di Malaysia Super League bersama Selangor F.A mengisi satu slot itu.

Menurut Pikal, konsistensi Andik bersama Selangor di kompetisi Malaysia, serta kualitas permainannya yang terus menunjukan progresifitas positif. Kondisi itu menjadi alasan tim pelatih harus memanggil Andik untuk memperkuat merah putih dalam turnamen yang akan berlangsung di Myanmar dan Filipina 19 November sampai 17 Desember mendatang itu.

“Kami sudah memantau penampilannya (Andik, Red), baik secara langsung maupun lewat rekaman. Apalagi Andik sangat cocok bermain di tiga posisi, itu sangat memudahkan kami untuk bermain dengan formasi yang berbeda beda,” jelas Pikal. “Kami berharap Andik mau bersedia datang dan membela timnas,” tandasnya.

Sebagai catatan, Andik yang merupakan produk asli kompetisi internal Persebaya itu memang sudah dipanggil untuk pulang mengikuti seleksi di Jakarta pada 15 Agustus lalu. Namun, manajemen Selangor FA enggan melepaskan gelandang serang itu  karena program seleksi timnas itu tidak termasuk dalam FIFA matchday.

Di sisi lain, sekjen PSSI Azwan Karim membenarkan bahwa Riedl sudah menyetorkan nama nama pemain ke mereka. Hanya saja, otoritas tertingg sepak bola itu baru bisa mengumumkan nama-nama pemain tersebut di pekan depan.”Karena kami masih harus berdiskusi dengan tim pelatih,” kata Azwan. (ben)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid