Najmul Akhyar Masih Berpeluang Diusung PDIP

Lalu Budi Suryata
Lalu Budi Suryata.( AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Ketua DPD PDIP NTB Rahmat Hidayat kerap memberi sinyal tak mendukung petahana Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) Najmul Akhyar di Pilkada 2020. PDIP akan mendukung mantan Bupati KLU Djohan Sjamsu. Kendati begitu, dipastikan belum ada keputusan final dari PDIP.

Sekretaris DPD PDIP NTB Lalu Budi Suryata menegaskan, semua Bakal Calon Bupati KLU yang mendaftar di PDIP, masih punya peluang yang sama untuk diusung. “Termasuk Pak Najmul masih punya peluang kok diusung PDIP,” ungkap Budi yang juga Anggota DPRD NTB ini, Minggu (28/12) kemarin.

Keputusan final lanjutnya baru bisa dipastikan setelah SK DPP terkait dukungan sudah keluar. Buktinya saat ini belum ada. Dengan demikian arah dukungan PDIP di KLU masih dinamis. Bahkan sangat mungkin Najmul yang juga Ketua DPC Demokrat KLU itu mendapat dukungan PDIP. Tergantung nanti bagaimana komunikasi PDIP dengan Demokrat. Mengingat yang dihadapi bukan Pilkada KLU saja, melainkan Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota di NTB yakni KLU, Kota Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, dan Bima. Tentu komunikasi PDIP dengan Demokrat di pilkada daerah lain juga diperlukan.

Misalnya di Pilkada Sumbawa, PDIP akan mengusung kader senior PDIP Husni Djibril, yang merupakan petahana Bupati Sumbawa saat ini. Komunikasi dengan Demokrat masih dijajaki di Pilkada Sumbawa. “Jadi semua masih cenderung dinamis,” terangnya.

Terpisah, Ketua DPD Demokrat NTB TGH Mahally Fikri mengungkapkan, Demokrat dan PDIP memang masih ada peluang koalisi di Pilkada KLU, Sumbawa, maupun daerah lain. Kedua parpol masih terus menjalin komunikasi. “Komunikasi politik masih terus berproses. Dan belum ada keputusan final DPP,” pungkasnya. (yan)