Najamuddin Klaim Sudah Kantongi Bacawabup

AKRAB: Ketua PKB NTB, H Najamudin Mustafa dan Ketua Nasdem NTB, HM Amin Nampak akrab satu sama lain (Yan/Radar Lombok)

MATARAM—Bakal calon bupati Lombok Timur, Najamuddin Mustapha, mengklaim sudah mengantongi 3 hingga 4 figur yang berpotensi menjadi pendamping dalam perebutan kursi Lotim 1 dan Lotim 2 di Pilkada 2018.

"Ada 3 hingga 4 figur sudah bersedia menjadi pendamping saya," kata Ketua PKB NTB, kepada Radar Lombok, Selasa kemarin (24/1).

Meski sudah mengantongi e4 nama, ia ogah membeberkan. Alasannya karena tidak etis jika sampai dipublikasi. Ini juga menyangkut etika politik.

Menurutnya, figur berpotensi menjadi pendamping dirinya merupakan hasil komunikasi politik dan penjajakan yang dilakukan dengan semua kekuatan politik di Lotim. Apakah partai politik, ormas dan lainnya.

"Kemungkinan dua minggu kedepan baru saya akan sampaikan kepada publik," ucap mantan anggota DPRD NTB itu.

[postingan number=3 tag=”pilkada”]

Ia menegaskan, dalam penentuan figur menjadi bakal calon di Pilkada Lotim, ia sangat memperhatikan aspek geopolitik kewilayahan. Karena dirinya berasal dari selatan, maka figur pendampingnya harus berasal dari utara. Sebab itu, beberapa figur berpotensi menjadi pendamping di Pilkada Lotim, yakni berasal dari Masbagik, Aikmel dan Pringgabaya.

Menurutnya, geopolitik di Lombok Timur masih sangat menentukan kemenangan pasangan calon kepala daerah bertarung di Pilkada Lombok Timur. Kendati demikian, semua belum sampai kepada keputusan final. Pasalnya, semua masih dalam proses komunikasi politik dan penjajakan.

"Namun pasti, figur Bacawabup saya berasal dari wilayah Utara," jelasnya.

Sebagai ketua PKB Provinsi NTB, ia memastikan diri bakal maju melalui jalur Parpol. Karena itu, ia terus berkomunikasi dengan sejumlah Parpol yang berkoalisi mendukung dan mengusung diri dalam perebutan kursi orang nomor satu di Kabupaten Patuh Karya itu. Hanya saja, PKB dengan raihan 5 kursi di DPRD Lombok Timur tidak cukup mengusung pasangan calon. Sehingga harus mencari Parpol mitra koalisi di Pilkada Lotim.

Ia optimis, sebagai ketua PKB NTB, induk partai ini di Jakarta bakal memberikan rekomendasi dan persetujuan untuk mendukung dan mengusung dirinya di Pilkada Lotim. "PKB bakal dukung kader terbaiknya," ucapnya.

Tak hanya berkomunikasi dengan Parpol, Najamuddin pun mengatakan, dirinya sudah bersilaturahmi dan menggelar pertemuan dengan berbagai kelompok masyarakat yang ada di Lombok Timur. Baik tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, ormas, tokoh budaya dan kelompok masyarakat lainnya.

“Tujuan kita untuk menyampaikan niat diri maju di Pilkada Lotim 2018, sekaligus mensosialisasikan diri kepada para pemilih,” ujarnya.

Menurutnya, apa dilakukan tersebut sebagai upaya untuk meraih dukungan dari masyarakat pemilih. Itu juga sebagai bukti keseriusan diri menjajal perebutan kursi orang nomor satu di kabupaten Lombok Timur. (yan)