MXGP of Indonesia 2022 di Samota Resmi Dilaunching

Bamsoet: IMI Terus Matangkan Penyelenggaraan MXGP

LAUNCHING MXGP: Kejuaraan dunia motocross, MXGP of Indonesia 2022, di Samota, Sumbawa, NTB, secara resmi dilaunching Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah, bersama Ketum IMI, Bambang Soesatyo, di Jakarta, Kamis (19/5).

JAKARTA—Perhelatan MXGP of Indonesia 2022 yang akan berlangsung di Samota, Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB, resmi dilaunching (diumumkan) secara nasional melalui konferensi pers yang diadakan di Jakarta, Kamis (19/5).

Konferensi pers dihadiri langsung oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah selaku tuan rumah MXGP of Indonesia 2022, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bambang Soesatyo selaku pengawas pelaksana Racing Committee, dan beberapa stakeholders penyelenggara MXGP of Indonesia 2022.

MXGP of Indonesia 2022 diselenggarakan di Samota, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada tanggal 24-26 Juni 2022, dengan jadwal acara yang bisa dilihat di laman MXGP.com, dan akan disebarluaskan oleh penyelenggara sepekan sebelum acara berlangsung.

Tahun ini MXGP kembali ke Indonesia setelah 2 tahun absen selama pandemi Covid-19, dengan pelaksanaan terakhir tahun 2019 di Palembang dan Semarang.

Perjalanan MXGP di Indonesia sendiri dimulai tahun 2017 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, dan menjadi tolok ukur olahraga motocross di Indonesia, dengan animo pembalap yang semakin besar, dan minat penonton yang terus bertambah setiap tahunnya.

“Provinsi NTB, khususnya Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggaraan MXGP of Indonesia 2022, saat ini juga giat mempersiapkan diri dari sisi fasilitas infastruktur maupun logistic. Tentu dengan dukungan penuh dari para stakeholders, penyelenggara, masyarakat Sumbawa dan penggiat otomotif di Indonesia,” kata Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah.

Alasan pemilihan lokasi di SAMOTA Sumbawa, sambung Gubernur, karena daerah ini merupakan integrasi dari 3 kawasan indah yang cukup populer di dunia, yaitu Teluk Saleh, Pulau Moyo, Gunung Tambora (SAMOTA).

“MXGP diharapkan menjadi Entry Point untuk SAMOTA, agar dapat lebih dikenal dunia,” jelas Gubernur.

Disampaikan, rombongan MXGP akan tiba di Indonesia, sepekan sebelum acara berlangsung. “Pembangunan sirkuit di Samota dijadwalkan selesai awal Juni 2022, yang kemudian dilanjutkan dengan persiapan logistik balap dan beragam acara pendukung,” ujarnya.

BACA JUGA :  Tiket Mandalika Track Day Dijual Mulai Rp 10 Ribu-30 Ribu

Persiapan perhelatan dmulai awal 2022 oleh STI sebagai kontraktor MXGP of Indonesia, dengan Infront selaku pemegang hak pelaksanaan MXGP di dunia.

Sumbawa menjadi pilihan utama dengan daya tarik keindahan alam dan sumber daya yang disiapkan selama 4 bulan terakhir, dengan SEG sebagai pelaksana persiapan di lapangan.

“Penyelenggara menargetkan 75 ribu orang penonton yang akan menghadiri perhelatan selama tiga hari di Samota, dengan beragam acara pendukung MXGP of Indonesia 2022. Untuk tiket akan dijual dengan berbagai pilihan, yang akan diumumkan pekan depan,” jelas Gubernur.

Sementara Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama jajaran Sport Talenta Indonesia (STI) selaku promotor lokal penyelenggara kejuaraan dunia MXGP 2022 memaparkan progres persiapan MXGP Indonesia yang akan diselenggarakan pada 26 Juni 2022 di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Baik berupa pengerjaan main track, infrastruktur listrik, Telkom, akomodasi, perizinan hingga medical.

“Proses pembangunan main track berupa penataan jalur track dan pengaturan space masing-masing area sudah selesai 30 persen. Infrastruktur penguatan jaringan listrik oleh PLN maupun penyempurnaan jalur jaringan dan proses transfer layanan telekomunikasi oleh Telkom juga sudah progres 50 persen. Sedangkan akomodasi progres 50 persen, dengan ketersediaan 922 kamar dari hotel bintang 4 hingga non bintang di Kabupaten Sumbawa,” ujar Bamsoet.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, terkait urusan perijinan progresnya sudah 30 persen.

BACA JUGA :  Tiket Mandalika Track Day Dijual Mulai Rp 10 Ribu-30 Ribu

Surat rekomendasi izin keramaian dari Polres setempat sudah didapatkan, untuk kemudian dilanjutkan ke Polda dan Mabes Polri.

Sementara untuk medical, progresnya sudah 20 persen berupa pembangunan medical center dan helikopter medic.

Sementara tools medical sudah siap 100 persen. Draft site plan MXGP 2022 juga sudah dirancang dengan luas area sirkuit mencapai 90 hektar.

“Sebelum puncak race kejuaraan pada 26 Juni 2022, penyelenggara juga sudah menyiapkan berbagai rangkaian acara yang dimulai sejak 24 Juni 2022. Untuk race event pada 24 Juni 2022, akan ada kegiatan administrative control, technical verification and random sound control, circuit control, medical examination of unfit riders in the medical center, second circuit control, serta ditutup dengan meeting of the race direction atau event management. Sementara entertainment event pada 24 Juni 2022, akan ada penampilan dari band lokal, hingga band internasional,” jelas Bamsoet.

Ditambahkan Bamsoet, pada 25 Juni 2022, kegiatan race event yang dilakukan antara lain free practice bagi peserta MXGP dan MX2. Dilanjutkan time practice dan start test session untuk peserta MXGP dan MX2. Serta qualifying race peserta MXGP dan MX2.

“Untuk total kedatangan peserta, antara lain terdiri dari 100 orang official team infront, 48 riders MXGP, 48 riders MX2, 200 orang MXGP official team, hingga 200 orang MX2 official team,” jelas Bamsoet.

“Dengan dukungan seluruh masyarakat NTB dan Indonesia pada umumnya, kita berharap kejuaraan dunia MXGP di Samota, Sumbawa, NTB bisa berjalan sukses. Sehingga semakin meneguhkan posisi Indonesia sebagai rumah bagi penyelenggaraan berbagai kejuaraan motorsport dunia,” pungkas Bamsoet. (gt)