Museum NTB Kian Ramai Pengunjung

Museum NTB
LIBURAN EDUKATIF: Salah seorang pengunjung mengajak anaknya berlibur ke Museum NTB sembari memperkenalkan sejumlah benda yang ada. (Devi/Radar Lombok)

MATARAM — Pengunjung Museum NTB dari hari ke hari terus meningkat. Untuk tahun ini saja terdapat peningkatan yang signifikan.

Tercatat dalm rentang Januari-Febuari dalam 1 hari pengunjungnya bisa mencapai 300 orang. Para pengujung museum tak hanya pelajar dan mahasiswa, tapi juga wisatawan.

Kepala Museum NTB, M zubra mengatakan, saat ini museum telah menjadi paket kunjungan wisata. Peningkatan pengunjung yang datang telah terjadi pada 2017 lalu.

“Untuk tahun ini semakin meningkat pesat karena masyarakat sekarang lebih antusias mengujungi museum,” ucapnya, Kamis (22/2).

Katanya, kedatangan para pengujung tidak hanya sekedar melihat saja. Namun sekarang museum menjadi tempat pembelajaran tentang kebudayaan yang ada di NTB dan beberapa benda-benda peninggalan zaman dulu yang memiliki nilai sejarah.

Ia menegaskan, Museum Negeri NTB juga telah banyak digunakan sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa yang ingin meneliti tentang arkeologi. Selain itu, museum ini tak jarang digunakan sebagai tempat berdialog serta bertukar fikiran mengenai sejarah.

Koleksi benda-benda sejarah yang dimikili Museum Negeri NTB saat ini kurang lebih sekitar 7.600. Pihak museum pun telah memulai masuk ke beberapa sekolah dengan tujuan memberikan pelajaran dan pendidikan mengenai benda-benda sejarah yang ada. (cr-dev)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut