Museum NTB Gelar Tiga Lomba Berhadiah Rp 20 Juta

MUSEUM NTB: Kepala Museum Negeri NTB, Bunyamin, SS. MM, ketika mendampingi pakar kuliner Indonesia, Wiliam Wongso, melihat berbagai koleksi di ruang pamer Museum NTB. (SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)
MUSEUM NTB: Kepala Museum Negeri NTB, Bunyamin, SS. MM, ketika mendampingi pakar kuliner Indonesia, Wiliam Wongso, melihat berbagai koleksi di ruang pamer Museum NTB. (SIGIT SETYO/RADAR LOMBOK)
Advertisement

MATARAM—Songsong berlakunya kebijakan new normal (normal baru), Museum Negeri NTB kini mulai bersiap untuk menerima kunjungan. Tentunya tetap dengan mengedepankan protokol kesehatan, untuk memutus penyebaran virus corona.

Bahkan untuk menarik minat kunjungan, pihak Museum Negeri NTB, juga menggelar tiga lomba, dengan hadiah total sekitar Rp 20 juta. “Ke tiga lomba itu, yakni Lomba Alur Kisah, Lomba Menulis Opini Tentang Museum NTB, dan Lomba Swafoto/Selfie dan Foto Grup/Wefie,” kata Kepala Museum Negeri NTB, Bunyamin, SS. MM, kepada Radar Lombok, Rabu kemarin (24/6).

Untuk Lomba Alur Kisah sambung Bunyamin, temanya adalah “Tata Pameran Museum Dalam Aspirasi Generasi Muda”. Dimana kegiatan lomba menyasar kepada para siswa SMA/SMK/MA baik swasta maupun negeri, dan mahasiswa swasta maupun negeri. Sementara format tulisan story line dengan bentuk PDF, dikirimkan ke email [email protected].

“Pengumpulan tulisan akan dilaksanakan tanggal 22 Juni – 21 Juli 2020, yang kemudian dilanjutkan dengan seleksi tahap awal tanggal 30 Juli 2020 untuk dicari 10 besar, yang nantinya akan diumumkan pada tanggal 3 Agustus 2020,” jelas Bunyamin.

Berikutnya Lomba Menulis Opini Tentang Museum NTB, denga tema “Geliat Museum di Era Milenial”, dengan persyaratan peserta adalah siswa SMA sederajat dan mahasiswa aktif sederajat. Peserta lomba bisa mendaftarkan diri via SMS atau WA (WhatsAp) ke 082340680859 (Yunita), atau 081917256144 (Lalu Wira), dan mengirimkan naskahnya ke email [email protected].

“Pendaftaran dan pengumpulan Lomba Menulis Opini Tentang Museum NTB, dilaksanakan pada tanggal 15 Juni – 11 Juli 2020. Kemudian seleksi tahap awal 20 Juli 2020, untuk mencari 10 besar, dan seleksi tahap kedua sekaligus dilakukan persentasi untuk grand final tanggal 22 Juli 2020 , sekitar pukul 10.00 Wita,” tutur Bunyamin.

Sedangkan untuk Lomba Swafoto/Selfie dan Foto Grup/Wefie, temanya adalah “Museum Menyatukan Indonesia”, yang terbagi dalam beberapa sub tema, yaitu arsitektur museum, penyajian koleksi, pemanfaatan koleksi (kunjungan pameran), dan taman museum.

“Peserta Lomba Swafoto/Selfie dan Foto Grup/Wefie dari kalangan siswa SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta, dengan lokasi pengambilan foto atau gambar di Museum Negeri NTB, yang bisa dilakukan pada tanggal 22 Juni – 21 Juli 2020. Pengiriman karya foto bisa melalui email [email protected], pada tanggal 22 – 30 Juli 2020,” sebut Bunyamin, seraya menyatakan, bahwa untuk ketiga jenis lomba tersebut, akan disediakan hadiah total Rp 20 juta.

“Selain itu, untuk 10 besar pemenang Lomba Alur Kisah, dan 10 besar pemenang Lomba Menulis Opini Tentang Museum NTB, karyanya nanti juga akan dibuat menjadi buku. Sedangkan Lomba Swafoto/Selfie dan Foto Grup/Wefie, akan diseleksi sebanyak 40 foto terbaik, yang selanjutnya akan dipamerkan di Museum NTB. Berikutnya setelah dipamerkan, akan diseleksi kembali menjadi 6 karya foto terbaik yang berhak mendapatkan hadiah,” pungkas Bunyamin. (gt)  

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid