Musda Demokrat Desember, Mahally Upayakan Aklamasi

TGH Mahally Fikri (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–DPP Demokrat sudah mengeluarkan jadwal musyawarah daerah (Musda) untuk DPD Demokrat NTB. Musda akan digelar Desember pada pekan kedua.

Pelaksanaan Musda disesuaikan dengan jadwal Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. “DPP sudah pastikan Musda Demokrat NTB bulan Desember pekan kedua,” ucap Ketua Partai Demokrat NTB TGH Mahally Fikri, Senin kemarin (22/11).

Musda lanjut Mahally ditarget tuntas pertengahan Desember, sehingga ada waktu bagi DPC kabupaten/kota untuk Muscab sebelum 2022. Sehingga kepengurusan yang baru diharapkan bisa dilantik Januari 2022. Setelah itu pengurus hasil Musda dan Muscab bisa langsung bekerja mempersiapkan verifikasi parpol pada 2022. “Masih cukup waktu untuk hadapi persiapan verifikasi parpol,” tandasnya

BACA JUGA :  Inya Allah, Paket Fauzan-Sumiatun

Menurutnya, Demokrat sebagai parpol terbuka mempersilakan siapapun kader yang mau mencalonkan diri di Musda. Asalkan, memenuhi persyaratan yang sudah diatur dalam AD/ART partai. Disinggung apakah dirinya akan maju atau tidak di Musda. Mahally menegaskan, bahwa dirinya akan kembali maju. “Persyaratan dukungan sudah kita penuhi,” ucapnya.

Adapun dalam Musda nanti, calon ketua harus mengantongi minimal tiga dukungan DPC. Selanjutnya Musda menetapkan para calon yang memiliki dukungan itu. Para calon lantas diserahkan ke DPP. Sehingga yang menentukan ketua adalah DPP.

BACA JUGA :  Para Kades Lobar Tegaskan tak Berpolitik Praktis

Kendati aturannya demikian lanjut Mahally, pihaknya tetap akan mengedepankan musyawarah mufakat atau aklamasi. Jika dicapai aklamasi, maka hanya satu nama akan diajukan ke DPP. Namun jika tak tercapai aklamasi, maka nama semua calon itu akan disampaikan ke DPP. “Biar nanti DPP memilih,” pungkasnya. (yan)