Mudik Lebaran Dibayangi Kondisi Cuaca

GIRI MENANG – Sebagai salah satu pintu keluar masuk NTB, Pelabuhan Lembar siap menyambut arus mudik lebaran mendatang. Dalam rangka persiapan, Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Lembar, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) dan instansi terkait lainnya  menggelar pertemuan membahas  persiapan mudik. Pertemuan dilangsungkan di kantor PT ASDP Lembar, Jum’at (16/6). Salah satu hal yang menjadi pembahasan utama adalah kondisi cuaca yang masih belum normal. Gelombang tinggi dikhawatirkan mengganggu kelancaran kapal pengangkut penumpang dari dan menuju Pelabuhan Lembar.

Pertemuan dipimpin oleh Kepala Kantor OPP Lembar, Andi Fiardi. Ia menyampaikan, dalam rangka mudik dan balik lebaran, pihaknya menyiapkan sarana-prasarana untuk kenyamanan, kelancaran, dan keselamatan para pemudik. Di dalam pertemuan juga mengemuka soal kondisi cuaca.

BACA JUGA :  Cuaca Buruk, Satu Nelayan Hanyut

Dari hasil pertemuan, otoritas pelabuhan akan mendirikan posko terpadu sejak minggu ketiga puasa tepatnya pada tanggal 24 Juni mendatang. Selanjutnya, jadwal penyeberangan yang akan disesuaikan dengan kondisi cuaca. Ia mengaku banyak kapal yang berumur tua. Namun begitu pihaknya tetap ketat melakukan pengontrolan kondisi kapal. Jika tidak layak, maka kapal tidak diperbolehkan berlayar. “ Jumlah kapal ada 33 unit yang siap untuk mudik. Kita sudah cek kelayakannya,” ungkapnya.

Posko terpadu akan ada sejak H-7 lebaran hingga H-7 lebaran. Nantinya di dalam posko terdapat unsur aparat keamanan, tenaga kesehatan dan lain-lain. Termasuk posko akan dilengkapi sistem informasi bagi para calon penumpang berkaitan dengan kondisi cuaca dan lain-lain yang dikoordinasikan dengan BMKG. Saat ini saja ketinggian gelombang mencapai 0,5 sampai 3 meter sehingga dikhawatirkan akan mengganggu kelancaran arus penyeberangan kapal. Tim SAR juga disiagakan. “ Yang kita utamakan adalah keselamatan penumpang,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Asal Ada Izin Wali Kota, Randis untuk Mudik Dibolehkan

Sementara itu General Manager PT ASDP Cabang Lembar Anton Murdianto menyatakan pihaknya telah menyiapkan fasilitas berupa perbaikan dermaga, pengaspalan, penambahan tenaga security dan lain-lain. Ini demi keamanan dan kenyamanan penumpang.

Khusus di Lembar jelasnya, ada tiga dermaga yang siap dipakai. Saat ini memang sedang ada perbaikan dermaga di Pelabuhan Padang Bae Bali, namun ditargetkan rampung pada akhir Juni ini.

Khusus soal lonjakan penumpang, diperkirakan mencapai 10 persen dari kondisi normal saat ini. Untuk mengantisipasi adanya antrean panjang, pihaknya menyiapkan lahan parkir baik di pelabuhan lembar maupun di lapangan Pelindo III.(flo)