Muammar Gerilya Kumpulkan KTP

Antisipasi jika tak Diusung oleh Parpol

H. Muammar Arafat
H. Muammar Arafat (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG – H. Muammar Arafat yang saat ini menjadi anggota DPRD Lombok Barat mengaku sudah mengumpulkan sekitar 25 ribu salinan KTP sebagai syarat maju dirinya lewat jalur perseorangan pada Pilkada Lombok Barat mendatang. Ia mengaku warga secara sukarela mengumpulkan KTP mendukung dirinya. Dengan sudah terkumpulnya 25 ribu salinan KTP lanjut KTM, maka masih kurang sekitar 15 ribu salinan lagi. “ Syarat untuk maju independen atau perseorangan itu kan sekitar 40 ribuan KTP. Yang sudah 25 ribu, sisanya yang 15 ribu, saya target akan kita rampungkan pada pertengahan September,” ungkapnya, Rabu (6/9).

Kendati persyaratannya yaitu sekitar 40 ribu salinan KTP atau dukungan, pihaknya berencana untuk mengumpulkan sekitar 50 ribu. Itu untuk mengantisipasi apabila ada kesalahan atau kekeliruan dukungan pada saat verifikasi faktual oleh KPU.

Diungkapkannya, dalam mengumpulkan dan menerima KTP, yang diutamakan adalah E-KTP. Dalam pengumpulan dan penerimaannya pula, itu sangat selektif, langsung dimasukkan di dalam database. Artinya ketika ada salinan KTP ganda, akan langsung terdeteksi. Kalau ganda, tentunya tidak diambil. “Jadi ini murni sukarela dari masyarakat, menyerahkan KTP-nya. Kalau ada yang meminta uang, itu kita tinggalkan,” jelasnya.

Dijelaskan, masih sangat banyak kantong suara yang belum didatangi. Begitu juga dengan banyak posko pengumpulan KTP yang dibuka relawan belum melaporkan dan memberikan salinan KTP. “ Jadi kita optimis bisa terkumpul sesuai dengan persyaratan. Apalagi kemarin saat saya di Pondok Pesantren Darun Nadwah Dasan ketujur, Senin sore, ada komunitas masyarakat Agama Budha yang hadir dan memberikan dukungan. Alhamdulillah,” ungkapnya.