MTsN Model Selong Gelar Perpisahan

MTsN Model Selong Gelar Perpisahan
PERPISAHAN: Acara pelepasan dan perpisahan siswa yang tamat tahun ini di MTsN Model Selong, Sabtu (13/5). (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—MTs Negeri (MTsN )Model Selong menggelar acara tasyakuran dan perpisahan siswa kelas IX yang tamat tahun ini. Pelaksanaan Kegiatan berlangsung di sekolah tersebut, Sabtu lalu (13/5).

Acara dihadiri para tamu undangan dari sejumlah dinas terkait, guru, siswa, termasuk wali murid. Kegiatan juga dirangkaikan dengan berbagai hiburan oleh para siswa yang tamat. Suasana haru pun pecah, apalagi ketika para siswa kelas IX menyanyikan lagu perpisahan.

Dalam sambutan, Kasek MTsN Model Selong, Drs. H. Maslun, M.Pd, menyampaikan pelaksanaan pendidikan di sekolah ini, terutama untuk siswa kelas IX dalam menghadapi ujian pihaknya telah melakukan persiapan sejak dini, dimulai dari awal tahun pelajaran. Baik itu persiapan mendidik, mental, rohani, maupun persiapan motivasi siswa dalam menghadapi berbagai tahapan ujian, termasuk UN itu sendiri.

“Selain pembelajaran rutin, siswa juga telah dibekali dengan pengayaan materi-materi pelajaran yang akan diujikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di luar jam pembelajaran rutin. Selanjutnya Madrasah ini juga melaksanakan kegiatan try out dengan menggunakan computer,” ungkapnya.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan dalam mempersiapkan siswa menghadapi ujian, tak lain sebagai upaya untuk membangun motivasi dan semangat siswa dalam belajar.  Sehingga mereka mampu meningkatkan intelektualnya untuk mencapai prestasi yang maksimal.

“Tapi dengan nilai dan rangking yang tinggi, tentu itu bukan jaminan. Sebab, kecerdasan intelektual saja tidak cukup. Tapi harus dibarengi  dengan kecerdasan spiritual dan kecerdasan sosial. Sehingga ada keseimbangan dalam diri kita,” pesannya.

Dikatakan, untuk tahun ini MTsN telah berhasil melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), tanpa ada masalah apapun. Ini semua katanya, tak lepas dari kerjasama dan semangat yang tinggi dari para tenaga pendidikan yang ada di sekolah ini. “Kami ucapkan terima kasih kepada para teknisi, guru, panitia dan para siswa yang telah memberikan dukungan moril untuk kelancaran UNBK di sekolah ini,” sebutnya.

Para siswa kelas IX MTsN Model Selong yang tamat tahun ini, katanya, mereka telah mengukir sejumlah prestasi bagi sekolah selama menempuh pendidikan di sekolah itu. Dari sejumlah prestasi itu, diantaranya sebanyak 20 siswa yang tamat tahun ini telah berhasil lolos seleksi untuk masuk ke MAN Insan Cendikia yang bertarap Internasional.

Sementara untuk prestasi akademik, siswa telah beberapa kali berhasil menjadi juara, baik itu ditingkat kabupetan, provinsi, bahkan tingkat nasional. “Diantaranya  berhasil meraih juara di Olimpiade Biologi tingkat nasional. Dan tahun ini juga, sebanyak delapan mata lomba dengan 15 siswi dari kelas VII dan VIII. Tiga orang menjadi juara pertama di kompetisi Sain, Matematika, Fisika dan Biologi tingkat kabupaten. Dan 12 siswa siswi dalam Aksioma tingkat kebupaten juga akan melenggang untuk Kompetisi Sain dan Aksioma ke tingkat provinsi,” terang dia.

Pihak sekolah kata Maslun, akan terus berupaya agar sekolah ini kedepan semakin baik dan berkualitas. Hal ini diselaraskan dengan visi sekolah itu, menjadi Madrasah yang Berimtak, Berimtek, berprestasi dan Berahlaktulkarimah.

“Sekolah akan terus berusaha untuk mengasah bakat dan kreasi para peserta didik. Baik dalam bidang seni, olahraga, dan keterampilan, sehingga bakat yang mereka miliki bisa menjadi bekal para siswa, selain kemampun kognitif tentunya,” harapnya.

Diakhir penyampaian, dia pun mengucapkan selamat kepada 300 lebih siswa kelas IX yang telah berhasil menuntaskan pendidikan selama tiga tahun di sekolah itu. Mereka diminta supaya selalu tetap menjaga dan menghiasi hatinya. Karena itu adalah kunci dari kesuksesan.

“Bila ingin dihargai dan dihormati orang, maka berbuat yang baik. Janganlah lupa dengan apa yang telah kalian dapatkan. Dan kejar lah terus cita-cita, tingkatkan prestasi dan lakukan yang terbaik untuk masa depan kalian,” tutupnya. (lie/adv)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid