MTQ XXVII Lotim Digelar di Masbagik

RAPAT MTQ: Rapat penetapan panitia dan penetapan jadwal pelaksanaan MTQ XXVII 2017 yang akan berlangsung di Kecamatan Masbagik (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ)  XXVII Lombok Timur (Lotim) 2017, akan digelar di Kecamatan Masbagik. Jelang pelaksanaan, Pemkab Lotim pun mulai melakukan berbagai persiapan. Seperti ketika pihak terkait di Pemkab melakukan rapat perdana untuk membahas persiapan MTQ ini di Kantor Bupati, Senin (20/3).

Rapat yang dipimpin Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Nuso Pranoto itu dihadiri oleh seluruh Camat, Kepala KUA yang ada dimasing-masing kecamatan, serta unsure panitia, IPQOH, dan Koordinator Dewan Hakim.

“Panitia Kabupaten dan lokasi penyelenggaraan MTQ telah ditetapkan dengan Keputusan Bupati Lombok Timur Nomor 188.45/194/KESRA/2017 tentang Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an XXVII tingkat Kabupaten Lombok Timur tahun 2017 yang kepanitiannya dibagi dalam 8 Seksi,” kata Ketua Umum Panitia MTQ, Nuso Pranoto.

[postingan number=3 tag=”mtq”]

Dikatakan dari  8 seleksi itu, diantaranya Seksi Musabaqah, Seksi Acara Publikasi dan Dokumentasi, seksi Panggung Perlengkapan dan Penginapan, Seksi Keamanan, Seksi Transportasi, Seksi Pawai Ta’aruf dan hiburan, Seksi Kesehatan, Seksi Kebersihan dan Seksi Konsumsi.

Dalam rapat tersebut katanya, juga disepakati sejumlah hal. Antara lain waktu penyelenggaraan MTQ yang akan berlangsung selama 7 hari mulai tanggal 23-29 April 2017, dengan peserta seluruh kecamatan di Lotim. Dengan jumlah sebanyak 940 peserta orang dan Official atau pelatih masing-masing kecamatan sebanyak 2 orang. “Nantinya akan diinapkan di Wisma MTsN Selong,” terangnya.

Untuk itu diharapkan masing-masing kecamatan supaya menyampaikan hasil seleksi tingkat kecamatan paling lambat tanggal 10 April 2017. “Hari pertama kegiatan MTQ tanggal 23 Maret 2017 akan diawali dengan Pawai Ta’ruf. Dan acara Pembukaan di Lapangan Umum Masbagik,” terangnya.

Sementara untuk lokasi lomba akan dibagi menjadi 5, diantaranya di arena utama, lapangan gotong royong Masbagik untuk cabang Tilawah anak, remaja, dewasa, cacat netra dan Qira’at. Lokasi kedua di masjid Jami’ Al Akbar Masbagik untuk cabang Tahfiz 1 juz dan tilawah, 5 juz dan tilawah serta Tartil.

Lokasi ketiga di Mushalla Nurul Huda kampung Tambora Masbagik Selatan untuk cabang Tahfiz 10 juz, 20 juz dan Tafsir Al-Qur’an. Lokasi keempat di Aula SMAN 1 Masbagik untuk cabang Fahmil Qur’an dan Syahril Qur’an. Sedangkan lokasi kelima di Aula MTsN model Selong untuk cabang Khat Al-Qur’an dan M2IQ.

Kepada panitia pihaknya berharap dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, agar seluruh rangkaian kegiatan berjalan sesuai rencana dan menghasilkan Qori dan qori’ah, hafiz dan hafizah, Mufassir maupun Mufassirah terbaik dari masing-masing cabang dan golongan musabaqah. “Diharapkan  mereka mampu membawa nama baik Lotim ke tingkat provinsi, nasional bahkan internasional,” tutup Nuso. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid