MTQ XXVI Lotim Mulai Digelar

MTQ Lotim
PEMBUKAAN MTQ: Acara pembukaan MTQ ke XXVII Kabupaten Lotim yang berlangsung di Lapangan Umum Masbagik, Minggu (23/4). (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVI Lombok Timur (Lotim) mulai digelar. Pelaksanaannya sendiri ditandai dengan pembukaan, sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang dipusatkan di Lapangan Umum Gotong Royong Masbagik, Minggu (23/4).

Acara pembukaan dihadiri para pejabat jajaran Setda setempat, perwakilan Forkominda, para Kadis di semua lingkup SKPD, pemerintah kecamatan, kelurahan, hingga pemerintah desa. Selain itu, ratusan warga juga tampak memadati lokasi berlangsungnya kegiatan.

Dalam penyampaiannya, Asisiten Ekonomi Pembangunan, Nuso Pranoto mengatakan, pelaksanaan MTQ ke XXVII ini akan berlangsung selama tujuh hari, mulai dari tanggal 23 hingga 29 April mendatang.

Sementara untuk jumlah peserta ada sebanyak 502 orang, perwakilan dari 20 kecamatan yang ada di Lotim. “Peserta tersebut akan diinapkan di Wisma MTs Negeri Model Selong,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kriteria yang dilombakan, (MTQ) kali ini diantaranya adalah Cabang Tilawah Anak , Cabang Tilawah Remaja, Cabang Tilawah Dewasa, Cabang Tilawah Cacat Netra, Cabang Qira atussabah Remaja Mujawwad, Cabang Qira atussabah Dewasa Mulawwad, Cabang Tartil Quran, Cabang Tahfiz 1 Juz dan Tilawah, Cabang Tahfiz 5 Juz dan Tilawah, dan Cabang Tahfiz 10 Juz.

Selain itu juga ada Cabang Tahfiz 20 Juz, Cabang Tahfiz 30 Juz, Cabang Tafsir Bahasa Arab, Cabang Tafsir Bahasa Indonesia, Cabang Tafsir Bahasa Indonesia, Cabang Khat Al-Qur’an Gol Naskah, Cabang Khat Al-Quran Gol Hiasan Mushaf, Cabang Khat Al-Qur’an Gol Dekorasi, Cabang Fahmil Quran Putra, Cabang Fahmil Al Qur’an Putri, Cabang Syarhil Al Qur’an Putri, dan Cabang Musabaqah Menulis Ilmiah Al-Quran (M2IQ). “Cabang tersebut akan dilombakan di lima Majelis Lomba,” terang Nuso.

Kelima majelis lomba dimaksud lanjutnya, yaitu Cabang Tilawah Gol Anak Remaja Dewasa Cacat Netra dan Qira atussab ah di Majelis 1 yang akan berlangsung di Lapangan Gotong Royong Masbagik. Sedangkan Cabang Tahfiz Gol, 10 Juz 20 Juz 30 Juz dan Cabang Tafsir Bahasa Arab Tafsir Bahasa Indonesia dan Tafsir Bahasa Inggris di Majelis 2, bertempat di Masjid Jami Al-Akbar Masbagik.

Sementara untuk Cabang Tartil Quran dan Tahfiz Gol 1 Juz 5 Juz dan Tilawah di Majelis 3 dilaksanakan di Mushalla Al-Ukhuwah Telaga Urung Masbagik. “Kalau  Cabang Fahmil Quran dan Syarhil Quran di Majelis Aula Kantor Camat Masbagik. Kemudian Cabang Khat Al-Qur’an Gol Naskah, Hiasan Mushaf dan Dekorasi dan Cabang M2IQ di Majelis 5 berlangsung di Aula MTs Negeri Model Selong,” sebutnya.

Pembukaan MTQ ini juga dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian kegiatan dan hiburan, dan juga Pawai Ta’ruf. Dimana para pesertanya mengambil start di depan Pasar Baru Paok Motong, dan berakhir di Lapangan Umum Masbagik. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid