MTQ, KSB dan Lotim Juara 1 Fahmil Qur’an

KSB dan Lotim Juara 1 Fahmil Qur'an
MTQ : Salah satu mata lomba MTQ ke-28 tingkat Provinsi NTB yang digelar di Masjid Baitul Atiq Gerung.( IST/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG-Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII tahun 2019 tingkat Provinsi NTB yang berlangsung di Giri Menang Lombok Barat sudah menyelesaikan satu cabang mata lomba yaitu Fahmi Qur’an katagori putra dan putri yang digelar di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gunung Sari, Minggu (6/10). Hasilnya, cabang ini dimenangkan oleh peserta dari Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Sementara juara dua diraih oleh peserta asal Lombok Timur. Juara tiga didapat utusan Kota Mataram.

Sedangkan untuk katagori putri, juara satu diraih oleh peserta dari Lombok Timur, juara dua KSB, dan juara tiga diraih oleh Kabupaten Lombok Barat selaku tuan rumah.”Baru satu cabang mata lomba yang sudah selesai. KSB dan Lotim keluar sebagai juara satu,” kata H. Rusni selaku Kabag Kesra  Kabupaten Lombok Barat saat dikonfirmasi kemarin (6/10).

Mata lomba yang lain sedang berproses. Dari tiga hari pelaksanaan MTQ, Pemkab Lobar belum bisa memprediksi apakah Lombok Barat bisa keluar lagi sebagai juara umum seperti MTQ di Bima lalu ataukah tidak.”Belum berani kita keluarkan prediksi, karena ini baru sebagai kecil dari mata lomba yang sudah selesai hanya satu,” katanya.

Para peserta akan bermusabaqah dalam 8 cabang utama yaitu tilawatil qur’an, qiro’at sab’ah, hifdzul qur’an, tafsir al-qur’an dengan 3 bahasa, fahmil qur’an, syarhul qur’an, khat, dan musabaqah makalah ilmiah.” Sekarang semua mata lomba yang lainnya sedang berlibur,” ungkap mantan Camat Gunung Sari ini.

Sementara itu Kabid IKP Dinas Kominfo Lobar selaku penanggung jawab media , Rasidi, menyampaikan,  Pemkab Lotim dan KSB menyambut gembira hasil itu. Kafilah Kabupaten KSB putra menang telak dengan skor 1100, dibandingkan  tandingnya Lombok Timur dengan skor 315 dan Kota Mataram dengan skor 260. Sedangkan di putri menang tipis yaitu dengan skor 800 dibanding lawan tandingnya kafilah KSB dengan sekor 755 dan Lombok Barat dengan skor 500.”Ini baru mata lomba yang sudah selesai,” ungkapnya.

Cabang ini jumlah pesertanya 10 orang putra dan 10 orang putri dengan sistim gugur di babak penyisihan. Cabang ini dilangsungkan selama empat hari sejak tanggal 6 Oktober lalu.

Satelah Cabang fahmil Qur’an selesai, akan  dilanjutkan kembali  dengan cabang Syarhil Qur’an.(ami)