MTQ Kecamatan Pemenang Berjalan Sukses

MTQ : Arena Utama MTQ tingkat Kecamatan Pemenang yang sukses dilaksanakan (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Sebanyak 106 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Pemenang yang berlangsung sejak tanggal 22-25 Maret.

Pelaksanaan MTQ untuk mensyiarkan nilai-nilai pendidikan informal. Diharapkan melalui MTQ ini bisa menjalankan program magrib mengaji yang sudah lama dicanangkan pemerintah provinsi NTB maupun pemerintah kabupaten Lombok Utara. “Kami berharap melalui kegiatan MTQ ini dapat meminimalisir kekeringan spiritual akibat suasana keagamaan, karena kekeringan spiritual dapat berdampak bagi merosotnya akhlak yang merusak sendi-sendi kehidupan,” imbuh Camat Pemenang H Achmad Dharma, kemarin.

[postingan number=3 tag=”mtq”]

Penyelenggaraan MTQ ini juga merupakan stimuli terhadap program kembali ke khittah pendidikan yang sudah dicanangkan pemerintah kabupaten Lombok Utara. Dijelaskan, program ini bertujuan bagaimana sistem pendidikan dapat bermutu dan berprestasi baik di jenjang pendidikan formal maupun informal. “MTQ ini sebagai wadah menumbuh kembangkan nilai-nilai Alquran seirama dengan pengembangan terhadap ilmu pengetahuan dan pengembangan prestasi masyarakat di bidang pendidikan informal,” terangnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar memupuk dan meningkatkan pendidikan di setiap keluarga akan berdampak pada lingkungan disekitarnya karena suasana spiritual di masing-masing keluarga dapat generasi yang berkualitas. “MTQ ini bukan hanya dijadikan sebatas perlombaan semata, namun dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti pencanganan program magrib mengaji,” tandasnya.

Pelaksanaan MTQ ini berlangsung di kantor camat pemenang sebagai arena utama untuk perlombaan tilawah, syarhil, M2Q/karya ilmiah. Kemudian, di masjid ibadurrahman Karang Montong Daye untuk bidang lomba tahfidz, tafsir. Sementara di ponpes Al-Mubassyirun untuk lomba khot (galigrafi) dan Fahmil Quran. “Peserta yang mengikuti lomba 106 terdiri dari 36 peserta dari Desa Pemenang Barat, 36 peserta dari Desa Pemenang Timur, 12 peserta dari Desa Malaka dan 22 peserta dari Gili Indah. “Hasil menang akan diumumkan pada malam minggu,” pungkasnya. (flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid