MPP Mulai Beroperasi Tahun Depan

TAHUN DEPAN : Mall Pelayanan Publik (MPP) di Mataram Mall dipersiapkan untuk mulai beroperasi tahun depan.   (ALI MASHUM/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kota Mataram harus bersabar untuk memulai beroperasinya Mall Pelayanan Publik (MPP). MPP awalnya direncanakan  untuk beroperasi November atau akhir tahun. Namun dengan beberapa alasan pertimbangan, pengoperasian dan dimulainya layanan MPP di Mataram Mall ditunda awal tahun depan. MPP di Mataram kita persiapkan mulai beroperasi tahun depan, ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Mataram, H Amiruddin, Jumat (28/10).
Dia mengatakan, untuk persiapan dan penambahan sarana yang dibutuhkan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Yakni sekitar Rp 1,3 miliar dan sudah disiapkan oleh Pemkot Mataram. Namun pelaksanaan tender pengadaan cukup mepet sehingga diputuskan untuk ditunda dan tender pengadaan diadakan awal tahun depan. Dari pada jadi masalah di kemudian hari, lebih baik nanti dimulai Januari. Karena itu tendernya untuk satu paket pengadaan, katanya.


Karena itu, tender pengadaan sarana MPP ditunda awal tahun. Pembiayaannya dipersiapkan melalui APBD murni 2023, sementara untuk persiapan lainnya sudah lengkap mulai dari desain dan lainnya. Semuanya sudah sangat siap. Tinggal pengadaan peralatan meubler dan sarana pendukung lainnya. Kita persiapkan jaringan juga, ungkapnya.

Baca Juga :  Keuntungan Hotel Saat WSBK Terancam Minim


Awalnya, anggaran yang diusulkan untuk MPP sekitar Rp 3,5 miliar. Anggarannya cukup besar, namun tidak hanya untuk persiapan pengoperasian MPP. Tetapi kantor DPMTSP juga dipersiapkan pindah ke lantai III Mataram Mall. Sehingga anggaran yang dibutuhkan memang cukup besar. Itu kalau sekalian saya (DPMPTSP) pindah ke lantai atas sekitar Rp 3,5 miliar. Itu sekalin sama Dukcapil masuk barengan biar ramai. Kemudian juga samsat di lantai bawah, terangnya.
Dia memastikan, MPP ditunda beroperasi karena tender yang tidak cukup waktu. Untuk penggunaan Mataram Mall sebagai MPP, Pemkot Mataram menyewa sejumlah area. MPP yang disiapkan berlokasi di lantai satu Mataram Mall. Yakni di eks Hero Supermarket Mataram Mall. Kita sewa, kontrak Mataram Mall itu berakhir tahun 2026 nanti, masih lama, jelasnya.          


Lokasi MPP sudah diputuskan di Mataram Mall. Lay out MPP sudah dituntaskan dan tinggal menunggu tender pengadaan sarana yang dibutuhkan. Kita pilih di sana agar Mataram Mall juga bisa ramai lagi. Kasian juga kalau sepi terus. Letaknya juga ini strategis di tengah kota dan memudahkan masyarakat. Seperti pelayanan di Kantor Dukcapil kan cukup jauh.  Saya yakin nanti di sana akan ramai. Karena kita persiapkan juga untuk UMKM di sana ada 100 slot ditambah pelayanan yang lain pasti ramai di sana, pungkas Amir.

Baca Juga :  Dewan Ragukan Kualitas Lapangan Basket Sangkareang


Sebelumnya, Sekda Kota Mataram, H Effendi Eko Saswito menargetkan, awal tahun 2023 MPP secara keseluruhan bisa dioperasikan. Beberapa pelayanan dipersiapkan diawal pengoperasian MPP. Seperti pelayanan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Kemudian juga pelayanan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Berikutnya adalah pelayanan oleh Badan Keuangan Daerah (BKD). Mungkin baru tiga OPD ini nanti untuk tahap awal. Khusus untuk pelayanannya saja. Misalnya BKD untuk pelayanan pajak. Kalau SDM-nya Insyaallah sudah siap. Karena kan di SKPD masing-masing sudah ada pelayanan. Tinggal nanti disatukan saja tempatnya, katanya. (gal)

Komentar Anda