MotoGP 2024 Ditargetkan 150 Ribu Penonton

Jamal Malady

MATARAM — Pemprov NTB menargetkan sebanyak 150 ribu penonton pada Event balap MotoGP yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, pada 27-29 September 2024 mendatang. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan realisasi penonton event MotoGP tahun 2023 yang mencapai 102.929 orang.

“Ada lompatan, kemarin kan (2023,red) ada 102.929 orang. Kalau tahun ini kita targetkan 150 ribu,” Ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Nusa Tenggara Barat Jamaluddin Malady saat ditemui di Mataram, kemarin.

Jamal sapaan akrab mantan Kepala Disperkim NTB itu optimis event MotoGP mampu mendatangkan lebih banyak penonton. Pasalnya pada event kali ini, Presiden Joko Widodo dipastikan akan hadir untuk menyaksikan event balap MotoGP di Sirkuit Mandalika, Loteng. Informasi terkait kehadiran Presiden RI ini kata Jamal disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Tidak sendiri, calon presiden terpilih RI Prabowo Subianto bersama sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju juga dipastikan turut hadir dalam gelaran balap motor internasional tersebut.

“Informasi kemarin dari Pak Menteri pas acara di Bali, beliau menyampaikan itukan (Event MotoGP) terkahir sebelum pak presiden berakhir masa jabatannya. Karena Mandalika ini peletakan batu pertqma oleh presiden Jokowi. Tentu nanti tidak boleh destinasi yang cukup mahal dobiayai APBN ini akan terhenti ketika pergantian kepemimpinan. Tentu harus berlanjut,” terangnya.

Selanjutnya untuk menggaet penonton dari dalam maupun luar daerah. Pemprov juga sambung Jamal akan menggelar festival nasional saat event MotoGP berlangsung. Saat ini sudah ada event Lombok Sumbawa Festival yang tiap digelar saat MotoGP dilaksanakan.

Baca Juga :  Yatofa Diyakini Dongkrak Elektoral NasDem

Pemprov juga rencananya akan mengundang Dinas Pariwisata di 34 Provinsi di Indonesia. Informasi yang diterima Jamal, semua Kepala Dinas siap akan datang ke Lombok untuk menyaksikan event balap motor dunia tersebut.

Bukan hanya itu, demi memeriahkan event MotoGP 2024. Pemprov juga akan bersurat ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengajak seluruh kepala daerah di Indonesia. Mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota supaya dapat mengikuti Lombok Sumbawa Festival di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah. Sekaligus untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan dan ekonomi kreatif di seluruh wilayah di Indonesia.

“Seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia akan datang nanti satu provinsi satu boat. Yang diisi oleh masing-masih Kabupaten/Kota,” katanya.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menambahkan ajang balap internasional ini memiliki potensi besar dalam mempromosikan industri otomotif Indonesia secara global. Penyelenggaraan ARRC dan IndonesianGP 2024 diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan pada berbagai sektor, khususnya di NTB.

“Mari kita jadikan ARRC dan IndonesianGP sebagai kebanggaan nasional dan dorongan bagi kemajuan industri otomotif Indonesia,” katanya.

Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, memberikan apresiasi atas pemberian harga spesial tiket MotoGP yang dilakukan oleh penyelenggara. Dengan adanya harga spesial MotoGP ini Pemprov tidak perlu mengerahkan tiap OPD untuk membeli tiket MotoGP.

“Kita menumbuhkan ekosistemnya. Pada saatnya nanti ini adalah mekanisme pasar murni, yang mereka membeli ini (tiket,red) karena mereka merasa bagian dari kebutuhannya, mereka enjoy dan mereka fans (Dari MotoGP,red) dan sebagainya,” timpal Gita.

Baca Juga :  DPP Tetapkan 10 Ketua DPC Demokrat Terpilih

Untuk meramaikan event balap kuda besi di Sirkuit Mandalika yang akan berlangsung pada tanggal 27-29 September tahun 2024, Gita sendiri langsung memesan 50 tiket nonton MotoGP. Tidak lupa Gita mengajak masyarakat NTB untuk memanfaatkan layanan harga tiket speasial tersebut.

“Layanan yang di hadirkan kali ini luar biasa sekali, mari masyarakat NTB untuk memanfaatkan layanan harga tiket speasial ini,” ucap Gita.

Sebagai informasi penyelenggara memberikan khusus bagi warga NTB yang ingin menonton MotoGP. Harga spesial di berbagai kelas tiket. Bahkan penyelenggara juga menyediakan harga spesial penyelenggara juga menyediakan diskon harga dari 30 sampai 50 persen. Tiket dijual mulai dari harga Rp 245 ribu untuk tiket festival general admision hingga Rp 1.225.000 untuk tiket premium grandstand zona A.

Di akhir sambutannya Miq Pj Gubernur juga meminta agar LOKET.com selaku penjual tiket agar memperbanyak penjualan tiket di daerah Jawa dan Bali. “Mereka nanti akan menyerbu daerah kita dan kita harus menjadi guide yang baik, tuan rumah yang baik,” harapnya.

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menyampaikan ajang balap internasional ini memiliki potensi besar dalam mempromosikan industri otomotif Indonesia secara global. Penyelenggaraan ARRC dan IndonesianGP 2024 diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan pada berbagai sektor, khususnya di NTB.

“Mari kita jadikan ARRC dan IndonesianGP sebagai kebanggaan nasional dan dorongan bagi kemajuan industri otomotif Indonesia,” pungkasnya. (rat)

Komentar Anda