Monumen Mataram Metro Disiapkan Anggaran Rp 500 Juta

MATARAM METRO: Pengerjaan Monumen Mataram Metro akan dilanjutkan tahun depan secara bertahap.(ALI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Pengerjaan lanjutan Monumen Mataram Metro di Jalan Lingkar Selatan dipastikan berlanjut awal tahun depan. Pengerjaan lanjutan ini akan dikerjakan secara bertahap. Untuk tahap awal, anggaran Rp 500 juta disiapkan untuk lanjutan pengerjaan Monumen Mataram Metro. Anggaran dikucurkan dari APBD Kota Mataram tahun 2022.
“Kita persiapkan Rp 500 juta untuk landscape dan tambahan ornamen agar tampilan monumennya bisa lebih indah. Ada muatan lokal yang harus kita tampilkan di sana nanti,” ujar Kepala Dinas PUPR Kota Mataram, Miftahurrahman di Mataram, kemarin.
Persiapan pembuatan Detail Enginering Design (DED) dimatangkan. Untuk kebutuhan penggunaan anggaran Rp 500 juta. Keputusannya mengacu pada hasil review desain yang nantinya diputuskan. “Kita lihat nanti hasil review desain untuk lanscape-nya. Ada tambahan untuk sentuhan posisi kontruksi. Juga dari sisi muatan sedang di desain. Kita tunggu itu kan nanti keliatan kebutuhan anggarannya,” katanya.

BACA JUGA :  Mayat Nenek 70 Tahun Hebohkan Warga Bertais

Dia memastikan kelanjutan pengerjaan Monumen Mataram Metro dilaksanakan secara bertahap. Tapi untuk persiapannya sudah dipersiapkan anggaran Rp 500 juta. “Januari itu nanti review desain. Setelah itu kemudian diekspose. Hasilnya seperti apa baru nanti diputuskan desain yang akan dipakai. Lalu berapa kebutuhan anggarannya. Kemungkinan dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kondisi anggaran,” ungkapnya.

Pengerjaan lanjutan dipastikan setelah review desaian dituntaskan. Karena anggarannya Rp 5 juta. Pengerjaannya ditentukan melalui proses tender. “Iya harus tender nanti itu. Setelah review desain baru pekerjaan fisik. Tapi nanti dari hasil review desain kita lihat mana bagian yang harus kita sentuh dengan anggaran Rp 500 juta itu. Kalau anggaran secara keseluruhan sampai itu selesai belum,” jelasnya.
Sebelumnya, Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana memutuskan pengerjaan Monumen Mataram Metro dilanjutkan tahun depan. Tapi dengan kondisi keuangan Kota Mataram saat ini. Pengerjaan lanjutan ini akan dikerjakan secara bertahap. “Iya pengerjaan Monumen Mataram kita lanjutkan. Tapi pengerjaannya dilakukan secara bertahap,” katanya.

BACA JUGA :  Pemkot Minta Izin Mutasi ke KASN

Wali kota berharap, pengerjaan lanjutan Monumen Mataram Metro bisa diselesaikan secara keseluruhan. Karena pada akhirnya nanti, monumen tersebut bisa menjadi ikon kebanggaan untuk warga Kota Mataram.
Untuk estimasi anggaran yang dibutuhkan. Wali kota mengatakan belum melakukan pembahasan tentang kebutuhan anggarannya. “Kita belum bahas anggaran. Tadi baru sebatas kita perspektif awal. Seperti untuk DED tapi biayanya masih coba dihitung nanti,” jelasnya. (gal)