Monumen Mataram Dianggarkan Rp 11 Miliar

MONUMEN MATARAM
DILANJUTKAN: Monumen Mataram metro di Jalan lingkar Selatan dipastikan rampung 2019. (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM — Pembangunan monumen Mataram Metro dilanjutkan tahun 2019 ini. Anggaran yang telah disediakan sebesar Rp 11 miliar untuk proyek lanjutan. Proyek raksasa ini dipastikan rampung pada tahun 2019 ini.

Proyek lanjutan ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Mataram untuk menuntaskan pembangunan “Monumen Mataram Metro” yang berada di bundaran Jalan Lingkar Selatan Mataram. Monumen ini direncakan bakal menjadi maskot Kota Mataram di ujung selatan setelah gerbang ‘tembolak’.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, H  Mahmudin Tura mengatakan, untuk awal tahun 2019 ada beberapa proyek fisik yang masih dilanjutkan. Yakni, pembangunan monumen Mataram Metro. ‘’Sudah ada anggaran yang disetujui ada Rp 11 miliar sampai tuntas. Termasuk  eskalator di dalam monumen yang akan disediakan,’’ katanya, kepada Radar Lombok, Kamis kemarin, (10/1).

Nominal anggaran sudah disepakati Tim Anggaran Pemerintah daerah (TAPD) karena menjadi salah satu program prioritas selain penanganan pascabencana gempa bumi. Dikatakan, Kementerian PUPR juga telah menyarankan agar pembangunan monumen tersebut segera dilanjutkan karena tahun 2018 lalu sudah menjadi tahun kedua.

Monumen ini, salah satu maskot Kota Mataram. Monemumen ini memiliki ketinggian 50 meter. Setelah rampung pengerjaannyam, masyarakat dipastikan boleh masuk ke dalam monumen dan bisa melihat Kota Mataram dari ketinggian.

“Ini menjadi salah satu tujuan dari pembangunan monumen yang bisa dijadikan akses masyarakat untuk berlibur,” tegasnya.

Selain itu, Pemkot Mataram akan melengkapi monumen tersebut dengan fasilitas jalan bawah tanah, lift dan tangga darurat. Fasilitas ini sebagai langkah mengantisipasi ganggguan atau saat bencana gempa terjadi.

BACA JUGA: Bantuan Korban Gempa di Kota Mataram Belum Cair

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD Kota Mataram I Gede Wiska mengatakan, beberapa program proyek fisik harus segera dituntaskan. Khusus proyek monument ini merupakan salah satu program yang sudah tersusun di dalam RPJMD Kota Mataram.

Proyek lanjutan ini disebutnya harus betul-betul diperhatikan. Sejak awal, Komisi III disebutnya selalu memantau dan mengawasi progres pengerjaan proyek fisik seperti Monumen Mataram.

‘’Kita harapkan segera  terwujud, masyarakat juga telah lama menantinya,’’ singkatnya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut