Momen Kurban Ajarkan Siswa Makna Keikhlasan

MATARAM—Momentum Hari Raya Idhul Adha atau lazim juga disebut Hari Raya Kurban syarat dengan pesan-pesan agama. Salah satunya, yakni mengajarkan makna keikhlasan basgi umat muslim.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, H Lalu Abdul Hamid mengatakan, Hari Raya Kurban tidak saja menjadi salah satu hari raya yang diperingati oleh umat Islam. Lebih dari itu, dalam perayaan hari raya ini, ada nilai-nilai edukatif yang dititipkan.

“Nilai yang diajarkan yakni keikhlasan,” katanya, Senin (12/9).

Intisari nilai ini, urainya, diambil dari prosesi perjalanan pengorbanan Nabi Ibrahim yang hendak mengorbankan anaknya sebagai tanda ketundukannya kepada Allah Swt. Lantaran itu adalah perintah Allah, Nabi Ibrahim tak sedikit pun berat mengorbankan putranya yang bernama Ismail.

Lanjut, melihat keikhlasan dan ketaatan yang dimiliki Ibrahim, Allah memiliki rencana lain dengan menggantikan Ismail dengan kambing ternak. Sejak peristiwa itu, tradisi menyembelih kambing sebagai salah satu wujud ketaatan kepada Allah dikenal di dalam agama Islam.

Di lain sisi, lanjutnya, kesediaan seorang muslim berkurban menandakan yang bersangkutan memiliki sifat sedia berbagi. Lewat binatang ternak yang dikurban, setidaknya orang yang jarang menikmati daging bisa merasakannya.

Belakangan tradisi berkurban, ungkapnya, telah menjalar di berbagai kompleks, tidak terkecuali sekolah. Setiap momentum Hari Raya Kurban, kerap kali ditemukan sekolah-sekolah yang menyembelih binatang ternak.

“Ini akan sangat bagus untuk mendidik jiwa sosial peserta didik. Nilainya sangat positif untuk membentuk karakter mereka yang peka dengan lingkungan sosialnya,” lanjutnya.

di lingkungan pendidikan dinilai sangat baik. Dampak yang dirasakan oleh peserta didik dan lingkungan sekitrarnya pun sangat terasa.  Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram, H Muhir mengatakan, tradisi berkurban

“Ini sangat bagus jika semua sekolah bisa melaksanakan. Setidaknya, fakir miskin yang ada di lingkungan sekitar bisa merasa turur berbahagian dengan adanya daging hewan kurban yang diberikan,” ujarnya. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut