Mohan : Saatnya Kembali Bergandeng Tangan

TERPILIH : Pasangan H Mohan Roliskana-TGH Mujiburahman ditetapkan sebagai pemenang dalam pilkada 9 Desember tahun 2020 lalu. (SUDIRMAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM -Pasangan H Mohan Roliskana-TGH Mujiburahman ditetapkan sebagai pemenangan pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Kota Mataram oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram Jumat sore (22/1).

Usai penetapan Mohan mengajak, tiga paslon yang sudah ikut bertarung untuk sama-sama membangun Kota Mataram. ‘’Kini saatnya semua elemen masyarakat untuk bergandeng tangan merekatkan kembali tali parsaudara. Agar kita bersama-sama semangat bersama untuk membangun Kota Mataram. Semangat politik bersama akhir dari pristiwa politik ini. Segala macam politik kepentingan yang ada, ujung dari ini bisa berakhir. Kami mohon dukungan dan menyudahi ini. Merangkul bergandengan tangan untuk sama-sama menjaga suasana kebersamaan,’’ kata Mohan.

Penetapan paslon terpilih digelar melalui sidang rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram terpilih hasil pemilihan tahun 2020. Tampak hadir satu paslon terpilih yakni, H Mohan Roliskana-TGH Mujibrahman. Sedangkan tiga paslon lain yakni, HJ Putu Selly Andayani- TGH Abdul Manan, HL Makmur Said-H Badrutamam Ahda dan H Baihaqi-Baiq Diah Ratu Ganefi tidak hadir. Hanya perwakilan partai pendukung yang hadir.

Mohan menyampaikan, sebelumnya tahapan pilkada ada beberapa dinamika dalam pelaksaan pemilihan kepala daerah 9 Desember lalu cukup dinamis. ‘’Kami tentu sebagai pasangan yang dipilih masyarakat, kami bersyukur dan terima kasih. Sesuatu yang monumental bagi kami dan sangat berharga bagi kami. Menjadi pemimpin amanah, sidik, tabliq, serta merawat kebersamaan untuk bisa menjaga kondusivitas di Kota Mataram,’’ ucapnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin menyampaikan, untuk tahapan pilkada Kota Mataram sudah sesuai dengan amanat undang-undang. Tahap selanjutya diserahkan DPRD Kota Mataram. ‘’Kita sudah tuntaskan semua tahapan,’’ katanya.
Berdasarkan keputusan KPU Kota Mataram nomor 20/HK.03.1-KPt/5271/KPU-KOT/1/2021 tentang penetapan paslon terpilih. Hasil pemilihan wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram tahun 2020. H Mohan Roliskana-TGH Mujiburahman paslon nomor urut satu ditetapkan sebagai pemenangan. Dengan perolehan suara terbanyak 76.695 suara atau 38,6 persen. ‘’Dari segi partisipasi pemilih sangat baik. Kita harapkan kedepan untuk terus meningkatkan partisipasi pemilih,’’ singkatnya.

Ketua DPRD Kota Mataram, H Didi Sumardi mengaku setelah rapat pleno terbuka calon terpilih wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana-TGH Mujiburahman, akan ditindaklanjuti untuk dikirim ke Kemendagri melalui Pemerintah Provinsi, untuk mendapatkan pengesahan. ‘’Mudah-mudahan proses secepatnya kami antisipasi secara teknis. Setelah kami terima kami langsung proses. Secara teknis, suratnya sudah kita siapkan. Kita tinggal mengisi,terkait dengan konteks surat dari KPU Kota Mataram. Kita targetkan segera selesai, untuk jadwal pelantikan sesuai hasil koordinasi dengan Pemprov NTB, tanggal 17 Februari,’’ katanya.

Saat ini, yang terpenting proses mendapatkan SK, Kemendagri mudah-mudahan bisa lancar dan tidak ada kendala. Sebelum pengambilan sumpah kita bisa dapatkan, paling tidak tujuh hari sebelum pelantikan kita sudah dapatkan jadwal pelantikan. ‘’Kita akan segera selesaikan,’’ singkatnya. (dir)