Mohan Perkuat Barisan Hadapi Pilkada

Mohan Perkuat Barisan Hadapi Pilkada
DAFTAR: Bakal Calon Wali Kota Mataram Mohan Roliskana bersama relawan dan jajaran pengurus DPC Demokrat Kota Mataram berfoto bersama saat pendaftaran di DPC Demokrat Kota Mataram, Senin (16/12) kemarin.( AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Mohan Roliskana kembali mencari dukungan parpol untuk memperkuat barisan koalisi menghadapi Pilkada Kota Mataram 2020. Senin (16/12) kemarin, ia bersama relawan mendaftar ke DPC Demokrat Kota Mataram.

Sebenarnya, Mohan selaku petahana Wakil Wali Kota Mataram, sekaligus Ketua DPD II Golkar Kota Mataram, sudah mendapat kepastian diusung Golkar sebagai Bakal Calon Wali Kota Mataram. Golkar bisa mengusung sendiri pasangan calon (paslon) pada pilkada mendatang. Mengingat raihan kusinya di DPRD Kota Mataram mencapai 9 kursi, melebihi syarat minimal 8 kursi untuk bisa mengusung paslon. Tetapi nyatanya, Mohan tetap mencari dukungan parpol lain. Ia tercatat sudah mendaftar di Golkar, PPP, PAN, dan kali ini Demokrat. “Ikhtiar saya ingin mengajak Partai Demokrat dalam satu barisan di Pilkada 2020,” jelas Mohan di hadapan Ketua DPC Demokrat Kota Mataram Muhammad Zaini dan Ketua Tim Penjaringan Desk Pilkada DPC Demokrat Kota Mataram.

Diungkapkan Mohan, Demokrat adalah parpol besar. Hubungan Demokrat dengan Golkar di DPRD Kota Mataram cukup harmonis. Bahkan, berbagai program pemkot selalu mendapat dukungan dari Fraksi Partai Demokrat. “Perlu peran banyak pihak untuk kita bangun dan majukan Kota Mataram. Termasuk dukungan Partai Demokrat,” tandasnya.

Disinggung terkait hasil survei internal Golkar yang menempatkannya dengan elektabilitas tertinggi 58 persen, Mohan membenarkan. Menurutnya, elektabilitas sebesar itu untuk petahana relatif aman. Kendati begitu, ia tak mau berleha-leha. Ia terus aktif turun bersilaturahmi ke masyarakat. “Tetapi tentu dalam kapasitas saya sebagai kepala daerah,” terangnya.

Menanggapi sejumlah penantang yang sudah mulai menunjukkan sinyal menentukan pendamping, Mohan mengaku tak mau terburu-buru. Ia perlu mencermati hasil survei simulasi berpasangan. “Simulasi hasil survei ini masih terus kita cermati dan telaah,” tandasnya.

Terkait menguatnya rumor dirinya akan berpasangan dengan politisi muda Golkar NTB Baihaqi, ia mengaku kemungkinan itu ada. Tetapi saat ini ia masih fokus meraih tiket dukungan partai.

Sementara itu Ketua DPC Demokrat Kota Mataram Muhammad Zaini memastikan bahwa Demokrat hanya akan mengusung kandidat yang mengikuti penjaringan. Itu merupakan jaminan dari DPP. “Kita pastikan Demokrat tidak akan usung kandidat yang tidak daftar,” imbuh Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram tersebut.

Hingga kemarin lanjutnya, sudah ada dua figur mendaftar yakni Imam Sofian dan Mohan Roliskana. Sementara dua kandidat yang belum mengembalikan berkas yaitu Sekda Lombok Barat Moh. Taufik dan Sekretaris PW NW NTB Irzani. (yan)