Mobil Perpustakaan Keliling Diterjunkan ke Tempat Rekreasi

PIALA : Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram Siti Miftahayatun saat memegang piala beberapa waktu lalu (Sudir/Radar Lombok)

Banyak cara dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram meningkatkan minat baca anak. Salah satunya dengan memaksimalkan mobil perpustakaan keliling ke tempat-tempat publik seperti taman-taman rekreasi.


Sudirman-Mataram


Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Siti Miftahayatun terus berusaha meningkatkan minat baca anak. Jangan sampai anak lebih banyak main game dan internet ketimbang membaca buku.

[postingan number=3 tag=”features”]

Dari tahun ke tahun angka minat baca anak turun. Siti Miftahayatun mengatakan, selain perpustakaan keliling, layanan internet gratis juga telah diprogramkan. Langkah tersebut sebagai salah satu upaya meningkatkan jumlah pengunjung dan minat baca masyarakat. “ Sekarang anak-anak banyak ditemukan di tempat rekreasi di Kota mataram, perpustakaan keliling tetap standbye,” katanya kemarin.

Upaya ini untuk terus mendorong minat baca anak-anak. Dengan adanya layanan internet gratis, selain itu di perpustakaan diharapkan akan meningkat dan secara otomatis menumbuhkan minat baca masyarakat.

Ia memprediksi pengunjung perpustakaan yang tadinya hanya ingin mendapatkan layanan internet gratis akan masuk melihat koleksi buku-buku dan akhirnya tertarik untuk membaca. Fasilitas berugak juga diadakan.

Selain itu ada beberapa perpustakaan tetap seperti di Taman Udayana.

Sementara terkait dengan ketersediaan buku, pihaknya telah menyediakan buku sesuai dengan program dan kebutuhan anak-anak di sekolah.(*)