Mobil Ini Lulus Uji Terbang dalam Kota

Uji terbang AirCar di Bandara Slovakia. (IST/Klein Vision)

MATARAM–Mobil terbang yang diberi nama AirCar lulus uji terbang dalam kota. Mobil terbang asal Slovakia tersebut lulus uji coba terbang antar-dua bandara dalam kota di Slovakia, Senin lalu (28/6/2021).

Mobil yang dikembangkan perusahaan Klein Vision ini terbang selama 35 menit dengan jarak 75 KM. Klein Vision mengklaim ini adalah pendaratan mobil ke-142 yang berhasil.

AirCar bisa berubah menjadi pesawat dalam waktu kurang dari tiga menit dengan melebarkan sayap yang bisa dilipat dan ekor yang bisa ditarik kembali.

Prototipe mobil terbang ini bermesin BMW dan diklaim juga pernah lulus uji terbang 40 jam, termasuk lulus stabilitas dan kemampuan manuver dengan pengawasan ketat otoritas penerbangan sipil Slovakia.

AirCar bisa terbang hingga ketinggian 2.500 meter dan mencapai kecepatan maksimum 190 km/jam. Total penumpang yang bisa dibawa dua orang dengan berat total maksimum 200 kg.

Hanya saja, AirCar tak seperti taxi drone yang bisa lepas landas vertikal. Melainkan butuh landasan pacu seperti pesawat terbang umumnya. Sayangnya mobil ini belum tersertifikasi untuk penerbangan koomersil. (RL)