MNEK Sajikan Kehebatan Tentara Dunia

mnek
ATRAKSI: Salah satu atraksi yang ditampilkan angkatan laut dari peserta MNEK 2018 di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. (ZULFAHMI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Rangkaian kegiatan pembukaan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) berlangsung sukses di sejumlah kabupaten/kota Provinsi NTB, Sabtu (4/5).

Bagaimana tidak, ada 36 negara hadir dalam even internasional itu. Di antaranya Amerika Serikat, Brunei Darusalam, Uni Emirat Arab, Bangladesh, Vietnam, Filipina, Singapura, China, Polandia, Brazil, Meksiko, Rusia, Australia, Arab Saudi, Amerika Serikat, Peru, Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Prancis, Myanmar, Sri Lanka, Swedia, Pakistan, Turki, Inggris, Spanyol, India, Swedia, Belgia dan Belanda. Semuanya merupakan negara-negara hebat dengan angkatan bersenjata andal. Khususnya angkatan laut masing-masing negara mengingat even ini diselenggarakan TNI AL.

Mulai dari kirab budaya peserta MNEK 2018 yang dipusatkan di Kota Mataram. Kirab ini dilepas langsung Gubernur NTB, TGKH M Zainul Mazdi melewati jalan Pejanggik menuju simpang empat Mataram Mall. Peserta kirab menunjukkan sejumlah atraksi budaya dan kehebatan negara peserta yang ditunjukkan angkatan laut masing-masing.

Atraksi itu nyaris membelalakkan semua mata yang memandang. Bahkan, sejumlah atraksi dari negara luar harus membuat penonton histeris. Baik dengan kehebatan mereka maupun dengan ketampanan para angkatan laut ini.

Beralih ke Lombok Barat, pembukaan MNEK juga berlangsung meriah. Prajurit perang angkatan laut masing-masing negara juga menunjukkan kebolehannya.  Kepala Staf Agkatan Laut masing-masing negara ikut andil dalam kegiatan ini. Pembukaan MNEK 2018 tandai denga pemukulan gendeng beleq secara bersamaan dari masing-masing perwakilan 36 negara didampingi Gubernur NTB TGKH M Zainul Majdi.