MKKS SMP/MTs Mataram Gelar Olimpiade MIPA

RAPAT: Jajaran MKKS SMP/MTs Kota Mataram menggelar rapat terkait pelaksanaan olimpiade MIPA berbasis CBT (Nasri/Radar Lombok)

MATARAM—Langkah progresif dilakukan oleh jajaran Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs di Kota Mataram. Mereka dalam waktu dekat akan menyelenggarakan olimpiade MIPA berbasis komputer.

“Kegiatan ini akan melibatkan semua SMP dan MTs yang ada di Kota Mataram,” ungkap Ketua MKKS Kota Mataram, H. Lalu Suwarno, Rabu (1/3).

Pria yang juga menjabat sebagai kepala SMPN 2 Mataram ini  menegaskan, kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan. Olimpiade berbasis komputer dihajatkan agar siswa lebih memahami aplikasi dalam menjawab soal yang disuguhkan.

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Adapun ide olimpiade MIPA berbasis komputer dihajatkan untuk mensosialisasikn gemar informasi dan teknolohi (IT) dikalangan siswa. Praktis, ketika nanti sudah kelas tiga, tidak gagap menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Katanya, peserta Dallam olimpiade MIPA ini tidak saja berasal dari kalangan sekolah pelaksana UNBK. Namun sekolah-sekolah yang belum menyelenggarakan UNBK pun ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala MTsN 1 Mataram, sekaligus humas MKKS SMP/MTs Kota Mataram, Hj Rusniah mengatakan, pihaknya sangat merespon kegiatan tersebut. Kegiatan ini dianggap sebagai terobosan luar biasa dalam menyukseskan penyelenggaraan UNBK di masa depan.

Dalam olimpiade nanti, sambungnya, peserta yang didelegasikan setiap sekolah akan menjawab soal yang telah tersedia di dalam computer. Soal-soal yang disuguhkan dikemas dalam model aplikasi UNBK yang dilaksanakan oleh siswa yang akan lulus. (cr-rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid