MKKS SMP/MTs Kota Mataram Sepakati Persiapan UN Siswa

Ilustrasi Ujian Nasional

MATARAM—Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs menyepakati beberapa kegiatan persiapan Ujian Nasional (UN). Kesepakatan ini berlaku bagi sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupaun yang menggunakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

“Kegiatan itu diantaranya seperti ujicoba, USBN serta pemantapan UN,” ungkap Ketua MKKS SMP/MTs Kota Mataram, H. Lalu Suwarno, Rabu (5/4).

[postingan number=3 tag=”un”]

Hasil musyawrah yang melibatkan semua sekolah itu, jelasnya, rata-rata sudah menyepakati kegiatan-kegiatan tersebut. Beberapa kegiatan yang dimaksud adalah cara memperpadat jadwal siswa. Tujuannya, agar tidak kebanyakan main-main menjelang UN yang digelar pada 2-8 Mei mendatang.

Melalui kegiatan yang disepakatinya itu, terangnya, sekaligus sebagai pemantapan siswa dalam menyambut UN. Praktis, dengan demikian, tidak ada waktu yang tersisa untuk kegiatan yang tidak bermanfaat bagi seluruh siswa kelas IX.

Di samping itu, Suwarno juga mengingatkan agar semua anggota memanfaatkan waktu yang tersisa tinggal beberapa bulan ini. dengan susaha maksimal diharap hasil UN di Kota Mataram akan lebih baik dari sebelumnya.

Katanya, langkah ini dilakukan lantaran posisi jenis ujian kali ini tidak seragam. Ada yang menggunakan UNBK dan UNKP. Praktis, bagi sekolah yang menggunakan UNBK, harus menyesuaikan mental dan kemampuan siswa. Dengan begitu, pelaksanaannya pun akan maksimal. 

Begitu juga dengan sekolah yang menggunakan UNKP atau manual. Menurutnya, harus bisa teliti dalam mengawasi siswa. Ini mengingat dalam praktek ujian manual, ada saja kemungkinan potensi kebocoran soal.

“Kita harus sama-sama ekstra aktif dan hati-hati jelang UN ini, karena masih banyak yang harus kita tata bersama,” tutupnya. (cr-rie)