Mitsubishi Lombok Buka Layanan Penjualan Online

Memudahkan Konsumen Ditengah Pandemi Covid-19

PENJUALAN : Sales Supervisor PT Berlian Cahaya Bima Lombok, Raka Indra Dwi Septa fose disamping salah satu produk Mitsubishi. (FAISAL HARIS/RADAR LOMBOK)
PENJUALAN : Sales Supervisor PT Berlian Cahaya Bima Lombok, Raka Indra Dwi Septa fose disamping salah satu produk Mitsubishi. (FAISAL HARIS/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dampak pandemi Covid-19 hingga saat ini masih dirasakan industri otomotif, terutama menurunnya penjualan produk mobil baru. Hal ini dirasakan PT Berlian Cahaya Bima (BCB) Lombok yang menjual produk Mitsubishi di Lombok.

“Kalau Kondisi sekarang ini dengan Covid-19 sangat mempengaruhi aktivitas kita, terutama divisi penjualan,” kata Sales Supervisor  PT Berlian Cahaya Bima (BCB) Lombok, Raka Indra Dwi Septa kepada Radar Lombok, kemarin.

Menurutnya, penurunan angka penjualan produk tidak terlepas dari minat komsumen dalam membeli barang atau produk memang menurun. Konsumen saat ini banyak yang menangguhkan pembelian barang atau melakukan antisipasi dampak Covid-19 yang berkepanjangan. Apalagi dampak yang tidak hanya masalah kesehatan, namun berpengaruh kepada perekonomian para konsumen, sehingga tidak terlalu berani berspekulatif.

“Berkaitan dengan ini juga kita merasakan dampaknya. Tidak hanya di penjualan, tapi juga berdampak kepada jasa servis dan penjualan spare part di bengkel terkena dampak. Apalagi kita ini bisnis barang dan jasa, semua sifatnya yang jualan sangat terpengaruh,” ungkapnya.

Bahkan jika dibandingkan penjualan sebelum pandemi Covid-19 ini, penjualan menurun drastis, jika dibandingkan dengan awal 2019 penjual cukup meningkat. Tapi mulai awal 2020 dengan pandemi Covid-19 hingga saat ini terjadi penurunan penjualan sekitar 75 persen.

Menyikapi dampak Covid-19, lanjut Raka, pihaknya lebih fokus melakukan penawaran produk dengan metode menjemput bola atau langsung melakukan penawaran kepada konsumen, baik secara langsung maupun lewat sistem layanan pembelian produk secara online. Karena tidak seperti sebelum Covid-19 konsumen yang banyak datang ke daeler.

“Kalau dulu konsumen yang lebih banyak datang ke daeler untuk melakukan transaksi. Tapi sekarang kita lebih kepada sistem penjualan online,” ujarnya.Dengan adanya lanyanan online ini, konsumen bisa langsung memesan lewat rumah tidak perlu lagi datang ke dealer. Pesanan konsumen pun langsung bisa diantarkan ke rumah masing-masing sesuai dengan pesanan.

“Kita antarkan mobilnya sampai ke rumah konsumen. Jadi konsumen itu tidak perlu ke daeler. Mulai dari awal proses pembelian sampai akhir serah terima kita yang mendatangi konsumen,” jelasnya.

Selain itu, PT Berlian Cahaya Bima (BCB) juga menyediakan promo-promo hadiah bagi para konsumen yang melakukan pembelian produk Mitsubishi dimasa pandemic Covid-19. Seperti hadiah langsung TV dan barang elektronik lainnya. Kemudian juga gratis biaya servis selama 5000 km atau empat tahun untuk produk XPander dan Pajero.

“Jadi komsumen selama 5000 Km atau empat tahun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perawatan berkala. Karena kita sudah gratiskan, baik dari jasa maupun spare part nya, sesuai jadwal servis berkala,” tutupnya. (sal)