Misteri Bale Beleq Sukadana Sebagai Warisan Leluhur

Bale Atas Banyak Menyimpan Benda Pusaka

Misteri Bale Beleq Sukadana Sebagai Warisan Leluhur
BALE BELEQ: Baiq Nursih, juru kunci Bale Atas Laki dan Bale Atas Bini di Komplek Bale Beleq Desa Sukadana, berdiri di dekat kentongan yang merupakan benda peninggalan leluhur yang ada di Bale Atas Laki. (IRWAN/RADAR LOMBOK)

Bale Beleq merupakan bangunan yang dianggap suci dan agung oleh masyarakat suku Sasak di Desa Sukadana, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Dimana bangunan Bale Beleq, atau sering disebut Bale Atas ini dipercaya sebagai warisan dan peninggalan leluhur mereka.


JANWARI IRWAN – LOTIM


DALAM kompleks bangunan di Bale Beleq, terdapat dua buah bangunan yang dinamakan Bale Atas, atau sering disebut Gedeng Kedaton. Kedua bangunan di Bale Beleq itu, yakni Bale Atas Laki dan Bale Atas Bini. Bentuk bangunannya kini telah berubah seperti rumah biasa, hanya saja dibangun di atas ketinggian. Sehingga untuk masuk ke dalam bangunan ini, dibuatlah tangga bertingkat.

Sebelumnya, Bale Atas Laki atau Bale Atas Bini tidak seperti bangunan rumah biasa, tetapi bangunannya terbuat dari kayu, dengan atap berlapis jerami. Tetapi akibat kondisi cuaca dan iklim yang tidak mendukung, masyarakat setempat mau tidak mau akhirnya bersepakat untuk merenovasi bangunan Bale Atas seperti layaknya bangunan rumah biasa.

Di dalam ruangan Bale Atas Laki sendiri terdapat pusaka yang merupakan peninggalan leluhur, dan masih tersimpan rapi. Sayangnya, benda pusaka itu tidak bisa diperlihatkan kepada Radar Lombok. Konon jumlah benda pusaka itu tidak terlalu banyak, hanya beberapa buah saja. Namun sangat dijaga dan dihormati oleh masyarakat setempat.

1
2
3
4
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid