Mini Cafe Berkembang Pesat di Pantai Beraringan

BERTUMBUH: Mini cafe di kawasan wisata Pantai Beraringan terus tumbuh seiring dengan banyaknya warga yang berwisata. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Mini cafe berkembang pesat di objek wisata Pantai Beraringan, Desa Kayangan, Kecamatan Kayangan. Tampak ekonomi warga lokal hidup, di samping bisa menyerap tenaga kerja.

Camat Kayangan, Siti Rukaiyah mengungkapkan, Pantai Beraringan selama ini memang menjadi objek wisata favorit warga. Dahulu sebelum gempa 2018, kondisinya masih biasa saja. Tetap pascagempa, ekonomi tumbuh dengan berdirinya mini cafe oleh warga lokal. “Yang berinisiatif awalnya itu para pengusaha lokal membuka lapak-lapak sejenis cafe,” ungkapnya kepada Radar Lombok.

BACA JUGA :  Kampung Nelayan KLU Diklaim Terbersih

Jumlah lapak yang terbangun awalnya belasan, namun sekarang, mungkin puluhan seiring dengan tingginya kunjungan warga ke Pantai Beraringan. Apalagi kondisi pantai dengan keberadaan mini cafe yang cukup tertata dan rapi.
Adapun faktor lain yang menyebabkan Pantai Beraringan ramai adalah menjadi lokasi rest area orang-orang yang datang dari arah Tanjung menuju Bayan atau sebaliknya. Apalagi menu makanan dan minuman di mini cafe lumayan lengkap.

BACA JUGA :  Tinggal Digubuk Reot, Berharap Makan dari Tetangga

Selain Pantai Beraringan, kini mulai ramai juga di Pantai Ketapang dan Tampes. Kondisi ini tentunya juga harus dimanfaatkan oleh pemerintah dalam mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD). “Saat ini belum ditarik PAD, karena perhatian dari daerah belum ada kepada mereka,” imbuhnya. (flo)