MGPA Bidik Sirkuit Mandalika Dapat Homologasi Balap Roda Empat

SIRKUIT MANDALIKA: Inilah kondisi sirkuit Mandalika yang mulai digarap track improvement. (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYAMandalika Grand Prix Association (MGPA) saat ini mulai mulai menggarap Track improvment Sirkuit Mandalika. Dimana, Track improcment ini merupakan proyek untuk perbaikan dan pengecetan sirkuit sebagai langkah untuk mempersiapkan berbagai event yang akan berlangsung di sirkuit Mandalika itu. Termasuk nantinya sirkuit mandalika disiapkan untuk mendapat homologasi balap roda empat.

Direktur Utama MGPA, Priandi Satria menegaskan sebelumnya pihak MGPA sudah melakukan Kick Of Meeting bersama dengan konusltan yang akan membantu dalam rangka Track Improvment Sirkuit Mandalika, termasuk juga bersama PT PP selaku pelaksana di lapangan nantinya bersama konsultan lainnya. “Kita sudah Kick Of Meeting bersama konsultan yang membidangi berbagai rencana pembangunan dan dibeberapa tempat sudah melakukan pengaspalan terhadap sirkuit untuk balap seperti contoh untuk balap roda dua yang sudah dikerjakan,” ungkap Priandi satria, Jumat (19/8).

Ia menegaskan jika Track Improvment merupakan keharusan bagi MGPA yang diminta oleh dorna bersama Federasi Sepeda Motor Indonesia (FIM). Dimana memang pihak MGPA harus melakukan berbagai modifikasi terhadap sirkuit, baik itu yang saran dan keharusan untuk melakukan pembenahan di sirkuit. “Kalau yang saran berupa pengecetan dan perbaikan segala sesuatunya, termasuk untuk fisual lebih menarik dan dari segi balap lebih menarik nantinya,” terangnya.

Baca Juga :  Izin Penggunaan Hutan untuk Kereta Gantung Sudah Rampung

Sementara dari segi keharusan yang harus dilakukan pembenahan memang setelah WSBK, pra seasion, MotoGP 2022 pihak Dorna  memang sudah meninggalkan catatan tentang berbagai hal yang harus dilakukan. Seperti meminta MGPA terkait adanya pelebaran runn-off di beberapa titik, karena memang ada Runn-Off di luar lintasan yang Dorna minta untuk dilebarkan. “Sehingga memang kita harus membersihkan Gravel dulu baru melebarkan runn-off. Termasuk akan ada penambahan ban di depan tembok pembatas, karena memang sebelumnya hanya dua baris dan diminta menjadi enam baris. Bahkan dibeberapa tempat, susunan ban kurang banyak maka mereka minta ditambahkan,” tegasnya.

Baca Juga :  Pemkab Siapkan Langkah Usulan Pemberhentian Sementara Kades Darek

Dalam perjalannya Track Improvment mereka juga berusaha mendapat homologasi dari Federation Internationale de I’Automobile (FIA) selaku regulator otomotif roda empat dunia. Karena MGPA ingin dalam peroses  Track Improvment kita ingin mendapatkan homologasi roda empat. Disatu sisi, pihak MGPA juga sudah bersurat ke FIA dan IMI untuk meminta rekomendasi bagaimana sirkuit mandalika layak digunakan untuk balap roda empat. Sehingga FIA juga sudah memberikan saran dan rekomendasi berdasarkan gambar- gambar sirkuit yang telah dikirim oleh MGPA. “Kita harapkan setelah selesai Track Improvment ini, MGPA tetap mendapatkan homologasi FIM grade A kemudian mendapatkan homologasi dari FIA untuk roda empat. Mudah-mudahan setelah selesai WSBK maka MGPA dapat melaksanakan event untuk roda empat di sirkuit Mandalika,” tegasnya. (met)

Komentar Anda