MGMP IPS Gelar Workshop Soal USBN

WORSHOP: MGMP IPS menggelar workshop soal USBN tahun 2017 (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM—Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP/MTs se-Kota Mataram menggelar workshop  soal USBN, Sabtu lalu (18/3).

Ketua MGMP IPS SMP Kota Mataram, Azizudin SPd MPd mengatakan, salah satu hal yg berbeda pada Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah (US) 2017 pada tingkat SMP/MTs adalah adanya mata pelajaran Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Mata pelajaran itu yakni, Pendidikan Agama, PPKn dan IPS yang  soalnya disusun oleh pusat 25 persen dan 75 persen disusun di daerah melalui MGMP.

[postingan number=3 tag=”pendidikan”]

Sehubungan dengan itu, lanjutnya,  MGMP PPKn, dan IPS mengadakan wokshop penyusunan soal ujian sekolah berstandar nasional, penguatan pendidikan karakter dan pengembangan karir guru. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 17-29 Maret 2017 atau sebanyak 82 jam pelajaran.

Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 60 orang dari semua kalangan guru. “‪Semua guru yang terlibat membuat soal ini wajib menandatangani fakta integritas untuk menjaga kerahasiaan soal,” sambungnya.

Semenatara itu, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Kota Mataram, HL Muhammad Sidik  menyampaikan, dengan adanya workshop ini diharapkan ada peningkatan kompetensi guru. Baik dari sisi pedagogik maupun profesional. Di lain sisi, mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menulis soal dan perangkatnya untuk soal USBN SMP.

“Serta dapat memperkuat pendidikan karakter yg akan diterapkan kepada peserta didik,” tandasnya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid