Meski Stok Aman, Harga Minyak Goreng Naik

MINYAK GORENG : Harga minyak goreng kemasan terus mengalami kenaikan. (DEVI HANDAYANI / RADAR LOMBOK)

MATARAM – Harga minyak goreng di sejumlah pasar ritel modern dan pasar tradisional mulai merangkak naik. Harga eceran minyak goreng kemasan dari distributor untuk semua merk isi 1000 meli liter (ml) atau 1 liter sudah diatas Rp 16 ribu dari sebelumnya diharga Rp 15 ribu per pcs. Begitu juga dengan minyak goreng kemasan 900 ml untuk merk juga naik menjadi Rp 15 ribu per pcs dari sebelumnya diharga Rp 13.000 hingga Rp 14.500 per pcs.

Meski stok dan pasokan dalam kondisi aman, harga penjualan distributor minyak goreng kemasan terus mengalami kenaikan. Hal tersebut diakui pemilik distributor Minyak Goreng kemasan Lavenia, Dunia, Damai dan Batik di Mataram Agus Putra. Agus menyebut harga minyak goreng kemasan terus mengalami kenaikan dari pabrik.

“Karena harga terus naik dari pabrik, maka mau gak mau, kami di distributor ya terpaksa juga menaikkan harga minyak goreng di toko grosiran dan agen,” kata Agus, Minggu (15/8).

BACA JUGA :  Endang Mundur dari Pelatnas Sea Games

Agus mengaku jika kenaikan harga minyak goreng kemasan ini sudah naik pertengahan Juli 2021 lalu. Bahkan, kenaikan dari pabrik hampir setiap minggu dengan dalih harga CPO sawit mengalami kenaikan dan beberapa penyebab lainnya. Termasuk biaya ekspedisi transportasi pengiriman dari pabrik di Pulau Jawa. Begitu juga dengan pembatasan penggunaan BBM solar bagi angkutan ekspedisi juga berdampak pada cost atau biaya transportasi yang dibebankan oleh pabrik.

“Hampir setiap minggu terjadi kenaikan harga minyak goreng kemasaan dari pabrik. Ya terpaksa juga kita naikkan ke agen dan super market dan pasar besar lainnya,” terang Agus.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Barang Pokok dan Penting Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi NTB H Maskanah mengatakan, untuk harga minyak goreng kemasan di pasar memang sudah diangka Rp 15.000  hingga RP 16.000 per pcs.

BACA JUGA :  Inovasi Terbaru Rajanya Audio, Polytron Hadirkan PMA 'Merah Putih'

“Berdasarkan daftar harga dari ke tiga pasar besar di Kota Mataram, harga minyak goreng kemasan di Kebon Roek harganya Rp 15.500 per pcs hingga Rp 16. 000 per pcs, begitu juga di pasar Pangesangan,” terangnya.

Sementara itu, untuk minyak goreng curah, sebagai informasi, mulai 1 Januari 2021 minyak goreng curah wajib kemasan, sesuai dengan Permendag No. 36/2020 tentang Minyak Goreng Sawit Wajib Kemasan. Kualitas minyak dipastikan aman dan baik karena melewatipengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sementara itu, Kepala Pasar Induk Mandalika Ismail mengatakan, untuk harga minyak goreng curah maupun kemasan berkisaran di harga Rp 15.000 hingga Rp 16 ribu per pcs.

“Harga minyak goreng kemasan di pasar sekitar Rp 15.000 per pcs,” sebutnya. (dev)