Meriahkan MXGP, Dispar NTB Gelar Samota Summer Fest 2022

Hadirkan Live Music, DJ dan Bazar UMKM di Camping Ground

CAMPING GROUND: Antisipasi kekurangan akomodasi para penonton MXGP Indonesia di Samota, Sumbawa, Dispar NTB menyiapkan camping ground di pantai Ai Loang, yang juga akan digelar Samota Summer Fest. (dispar/radarlombok)

SUMBAWA—Event balap motocross dunia, MXGP Indonesia Samota 2022 di Rocket Motor Circuit Samota, Kabupaten Sumbawa, Provinsi NTB, telah dimulai, Jumat kemarin (24/6), hingga Minggu (26/6). Hal ini sekaligus menjadi balapan motocross kelas dunia pertama yang dilaksanakan di NTB.

Beberapa hal yang menunjang suksesnya penyelenggaraan ajang balap motor ini pun tak luput dari sorotan. Seluruh stakeholders bersinergi satu sama lain untuk mempersiapkan secara maksimal event-event pendukung untuk meramaikan ajang balap satu ini.

Demikian Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, juga berkomitmen mengambil peran dalam melaksanakan beberapa upaya optimal guna mendukung kesuksesan event balap motor kelas dunia tersebut, salah satunya dari segi kesiapan akomodasi.

Untuk menyukseskan penyelenggaraan MXGP Samota, Dispar NTB menyiapkan camping ground di pantai Ai Lemak dengan kapasitas 2.000 orang, dan pantai Ai Loang sebanyak 1.500 orang.

“Dipilihnya lokasi dekat pantai ini, agar para penonton MXGP (baca: wisatawan) yang menginap sekaligus dapat menikmati keindahan destinasi wisata,” kata Kepala Dispar NTB, Yusron Hadi.

Baca Juga :  Dispar NTB Gandeng Kemenparekraf Gelar Bisnis Forum Industri Pariwisata dan Ekraf
INSPEKSI: Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi lakukan inspeksi Camping Ground di pantai Ai Loang, untuk memastikan kesiapannya sebelum digunakan para penonton MXGP. (fb: asepnormantanjung)

Sedangkan untuk 245 kru dan pembalap MXGP, sambung Yusron, telah disiapkan 185 kamar, di 6 hotel yang ada di Sumbawa, yakni Hotel Samawa Sea Side Cottage, Transit Hotel, Kaloka Airport Hotel, 99 Balong, Sumbawa Grand Hotel dan Grand Samota.

“Termasuk juga telah siap 265 rumah warga yang tersebar di lima Kecamatan di Sumbawa, seperti Moyo Utara, Moyo Hulu, Moyo Hilir, Labuhan Badas, dan Unter Iwes. Ditambah lagi dengan hotel terapung, KRI Makassar yang siap sebanyak 500 bed,” jelas Yusron.

Untuk melengkapi fasilitas camping ground, pihak Dispar NTB juga menyiapkan sarana hiburan dengan tajuk acara “Samota Summer Fest”.

“Jadi pengunjung tidak hanya menginap saja di camping ground, tetapi juga mendapatkan hiburan seperti live musik, performa dari DJ (Disc Jockey), dan juga Bazar UMKM khas Sumbawa,” tutur Yusron.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Tekankan Pentingnya Pengembangan Kreativitas Pelaku Parekraf

“Samota Summer Fest sendiri rencananya akan diselenggarakan mulai dari tanggal 24 – 25 Juni, dan akan mengundang band-band lokal yang berbeda setiap harinya. Ini sekaligus dapat menghidupkan dan menggairahkan talenta-talenta musik yang ada di Sumbawa,” sambung Yusron.

Sebelumnya, tanggal 22 Juni, sebagai rangkaian event MXGP, Dispar NTB juga telah menggelar salah satu kegiatan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, yaitu Festival Pesona Moyo 2022, yang berlangsung di Desa Labuan Aji, Pulau Moyo, Sumbawa.

Beragam kegiatan dilaksanakan dalam Festival Pesona Moyo 2022 tersebut, mulai dari aksi bersih pantai, pagelaran seni dan budaya, aneka lomba seperti lomba balap sampan dan lainnya, hingga trabas.

“Event Festival Pesona Moyo 2022 ini dihadiri dan dibuka oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (events) dari Kemenparekraf RI, Rizki Handayani,” jelas Yusron. (gt)