Menu Lokal Empal Cengeh Hadir di Hotel Santika

Empal Cengeh
Empal Cengeh (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Lagi-lagi Hotel Santika Mataram (HSM) secara konsisten menghadirkan menu lokal NTB sebagai hidangan di hotel berbintang tersebut. Kali ini, pada bulan Februari, HSM menghadirkan menu yang cukup populer di kalangan masyarakat suku Sasak, Lombok, yaitu Empal Cengeh sebagai makanan utama.

Menu yang sudah tidak asing lagi bagi warga Lombok ini sekarang bisa naik kelas, dengan hadir menjadi menu utama di hotel berbintang sekelas Hotel Santika Mataram. Empal Cengeh, dengan bahan baku daging sapi segar yang diolah menjadi empal daging sapi, dibumbui dengan gula aren, olahan sambal cengeh, atau biasa disebut sambal cabe, diambil dari daerah Lombok Tengah bagian selatan.

Empal Cengeh ini adalah perpaduan antara rasa manis yang didapat dari gula aren, serta rasa pedas dari sambal cengehnya. Sambal cengeh khas selalu menggunakan terasi disetiap olahannya. Tak ketinggalan tahu dan tempe serta nasi putih menjadi peneman sajian ini, atau lebih dikenal dengan sebutan ‘Sedak’ di bahasa Sasak.

BACA JUGA :  100 Hotel Santika Group Hadirkan Nuansa Hitam Putih

Makanan Empal Cengeh yang dimakan dengan nasi ini dikenal sebagai menu yang cukup pedas. Namun karena hadir ala Hotel, maka penyajiannya disesuaikan dengan tamu standar hotel. Dengan demikian, Empal Cengeh di Hotel Santika Mataram memberi warna dan rasa yang tak kalah dengan aslinya Empal Cengeh di dapur masyarakat pada umumnya.

General Manager Hotel Santika Mataram, Reza Bouvier mengatakan, selain Empal Cengeh yang menjadi menu utama bulan Februari, HSM juga menghadirkan menu lokal sebagai hidangan penutup, yakni Barongko Pisang.

Berasal dari daerah Makassar, mengangkat kuliner lokal menggunakan bahan dasar pisang jenis kapok, dimana pisang ini memiliki kelebihan gestur yang padat dan tidak cepat berubah warna ketika diolah menjadi kue dicampur dengan tepung maizena, serta santan diolah menjadi kue dan dikukus. Taburan coklat serta kacang dan es cream strawbbery menambah pemanis Barongko Pisang ini. “Menu utama Empal Cengeh dan Barongko Pisang menjadi menu khas lokal daerah di HSM untuk bulan Februari,” ujar Reza, Rabu kemarin (31/1).

Selanjutnya, selain menu utama dan hidangan penutup, HSM juga menghadirkan dua pilihan minuman, yakni Wedang Pandan Madu, merupakan minuman hangat yang disuguhkan untuk cuaca dingin dan hujan seperti sekarang ini.

BACA JUGA :  Kesulitan Tagih Santosa, Dispenda Belajar ke Surabaya

Perpaduan yang didapat dari bahan rempah pilihan seperti teh, jahe, pandan, serta madu dan jeruk nipis. Sensasi kehangatan dapat dirasakan pada saat tegukan pertama.

Sementara Chocolate Sensation merupakan minuman dingin yang terbuat dari susu segar, bubuk coklat, selai kacang, dan susu coklat, serta tambahan es cream diatas minuman ini, menjadikan minuman ini juga sangat menyegarkan dan menyehatkan. (luk)