Menteri Susi Cari Keluarganya ke Sembalun

Menteri Susi Cari Keluarganya ke Sembalun
CARI TAHU SILSILAH KELUARGA: Menteri Kelautan dan Prikanan RI, Susi Pudjiastuti mengunjungi Sembalun untuk mencari tahu silsilah keluarganya Sabtu lalu (12/8). Menteri Susi disambut warga setempat. (Jalaludin/Radar Lombok)

SELONG — Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti  berkunjung ke Sembalun, Lombok Timur Sabtu sore  lalu (12/8).

Menteri yang dikenal nyentrik ini mengendarai sepeda motor dari Polsek Aikmel dan diiringi belasan rombongan mobil pengawal dan pejabat Pemprov NTB dan Pemkab Lotim. Sampai di Sembalun, disambut oleh para tokoh masyarakat Sembalun di rumah adat Lokak  Sembalun Bumbung.

Kedatangan  Menteri Susi ke Sembalun setelah melakukan kunjungan ke Sumbawa, dalam rangka mencari tahu silsilah keluarganya yang ternyata berasal dari Sembalun Lawang. “Ibu Menteri mengaku buyutnya berasal dari Sembalun Pelawangan atau Sembalun Lawang dan dalam rangka itu beliau datang ke Sembalun,” kata salah satu tokoh masyarakat Sembalun, H Mustiadi NH.

Susi sempat menemui Mustiadi. Mantan Kades Sembalun Lawang ini mengatakan, Susi menanyakan silsilah  keluarganya yang ada di Sembalun. “Ibu Menteri mengaku mengetahui nama saya dari keluarganya yang di Sunda,” ungkapnya.

Susi sempat menceritakan jika kakek buyutnya yang  bernama Mpu atau H Ireng berasal dari Sembalun Pelawangan. H Ireng  sekitar tahun 1927 menjadi kepala desa di Pangandaran Jawa Barat.  Kesempatan  ke NTB dipergunakan Susi untuk mencari tahu tentang keluarganya yang ada di Sembalun.

Namun masyarakat Sembalun tidak mengenal Mpu atau H Ireng. Guna menelusuri silsilah keluarga Menteri Susi, Mustiadi harus mencari tahu dan  merunut silsilah guna dapat mengungkap jati diri dari H Ireng tersebut. Setelah ia bisa mengungkap silsilah keluarga nantinya Mustiadi berjanji akan menghubungi Menteri Susi.

Mustiadi lalu menceritakan pada Menteri Susi bahwa sekitar tahun 1354 M, Raja Sembahulun (yang pusat pemerintahannya berada di Sembalun Lawang saat ini) saat itu mengirim tiga utusan untuk belajar agama ke  Bali, Jawa dan Sumatera. Dari tiga orang utusan tersebut, satu orang yang belajar ke  Jawa bernama Titiq Selim tidak kembali, sementara dua rekannya kembali ke Sembalun. Diperkirakan utusan Kerajaan Sembahulun ke  Jawa yang bernama Titiq Selim inilah yang kemudian menetap di Jawa (Sunda). Bisa jadi Titiq Selim  memiliki keturunan yang salah satunya adalah Susi Pudjiastuti atau menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Dalam kesempatan tersebut Susi juga dikatakan sempat mengungkapkan kondisi kampung halamannya di Pangandaran Jawa Barat mirip dengan Sembalun.Menteri Susi mengaku terkesan dengan Sembalun dan sekaligus berharap padanya agar dapat mengungkap silsilah keluarganya sehingga kelak mungkin akan kembali datang ke Sembalun guna menemui mereka.

Kedatangan Menteri Susi ke Sembalun didampingi Kapolres dan Dandim 1615 Lotim serta para pejabat dari Pemprov dan Kabupaten Lombok Timur. Disambut oleh para tokoh Sembalun, kunjungan Menteri Susi berlangsung sekitar satu jam hingga kemudian pamit. (lal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid