Menteri LHK dan Gubernur Inisiasi Penanaman Ribuan Pohon

PENGHIJAUAN: Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, melakukan penanaman ribuan pohon jenis kelicung di TPA Regional Kebun Kongok, Minggu (8/3/2020). (hms for radarlombok.co.id)

GIRI MENANG—Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, M.Sc, bersama Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menginisiasi penanaman ribuan pohon jenis kelicung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Kebun Kongok, Desa Suka Makmur, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (8/3/2020).

Sebelum menanam pohon, Menteri LHK, Gubernur dan Wagub, menyaksikan sampah yang diolah untuk bahan bakar energi pembangkit PLN di Kebon Kongok. Di sini, sampak yang diolah bisa mencapai 30 ton sampah. Lalu, dimanfaatkan menjadi bahan bakar pembangkit PLN menggantikan batu bara.

Menteri LHK bangga dengan terobosan-terobosan industrialisasi yang digencarkan oleh Gubernur NTB. “Gubernur NTB ini bukan hanya kebanggaan orang NTB. Tapi, beliau kebanggaan Indonesia, saya sudah kenal lama dengan beliau,” ungkap Menteri LHK.

PENGOLAH SAMPAH: Mesin pengolah sampah menjadi energi (hms for radarlombok.co.id)

Siti Nurbaya, sapaan akrab menteri, meminta UKM TPA Kebon Kongok untuk segera mendaftarkan emisinya di Kementerian LHK. “Dengan harapan, apa yang sesungguhnya milik Provinsi NTB akan menjadi betul-betul milik NTB,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menegaskan, dalam waktu dekat, mesin-mesin buatan NTB akan didistribusikan ke desa-desa dari hulu ke hilir dengan harapan seluruh pengolahan sampah bisa dilakukan di desa-desa. “Industrialisasi dan Zero Waste harus terus jalan beriringan dalam mewujudkan NTB Gemilang,” singkatnya. (hms/sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid