Menteri Desa Apresiasi Kinerja Sukimen-Rumaksi

MENINGKAT : Desa berstatus maju dan mandiri di Lotim meningkat pesat selama kepemimpinan Sukiman- Rumaksi. Apresiasi disampaikan Menteri Desa dan PDT Abdul Halim Iskandar. (M. Gazali/Radar Lombok)

SELONG – Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Abdul Halim Iskandar, mengapresiasi kinerja Pemkab Lombok Timur atas capaiannya meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM). Jumlah desa yang sebelumnya berstatus berkembang menjadi berstatus maju dan mandiri meningkat  pesat.

Mengacu pada IDM,  secara nasional Lotim saat ini berada di posisi 57 dari 434  kabupaten di seluruh Indonesia. Ini adalah kado istimewa hari jadi Lotim ke-126 yang telah diperingati tanggal 31 Agustus 2021.” Desa di Lotim mampu menunjukkan peningkatan yang sangat pesat,” kata Mendes PDTT dalam pres rilis yang disampaikan melalui video conference kemarin.

BACA JUGA :  Mantan Kades Banjarsari Lotim Akui Pakai Dana Desa untuk Keperluan Pribadi

Jika mengacu data IDM, lanjut menteri, di tahun 2020 ada tujuh mandiri di Lotim. Tahun  2021 jumlah desa mandiri bertambah menjadi 19 desa. Begitu halnya dengan desa maju. Tahun 2020 sebanyak 96 desa dan di 2021  mengalami peningkatan menjadi  126 desa. ”Sedangkan desa berkembang dari sebelumnya 136 berkurang menjadi 46 karena sudah menjadi desa maju dan mandiri,” sebutnya.

Baginya, ini merupakan capaian yang sangat luar biasa. Ia pun memberikan apresiasi yang setinggi- tingginya kepada Pemkab Lotim atas keberhasilan yang sangat memuaskan.” Terus semangat untuk terus memajukan desa-desa di Lotim,” pesan Iskandar.

BACA JUGA :  Pendemo Tuding Kadis Sosial Ikut Bermain di BPNT

Sementara itu Sekda Lotim, HM. Juani Taofik, mengatakan  selama kepemimpinan Sukiman- Rumaksi  peningkatan desa berkembang menjadi desa maju dan mandiri sangat luar biasa.  Tolak ukur terkait hal tersebut sepenuhnya dinilai Kemendes PDTT  dan telah  melalui proses penilaian yang  obyektif.” Kata kuncinya di sini adalah kita telah on the track dalam membangun desa. Sekarang tinggal bagaimana di sisa 2 tahun kepemimpinan Sukiman- Rumaksi untuk terus mempercepat lagi peningkatan  IDM di tingkat desa ini. Bahkan 2021 bila perlu tidak ada lagi desa berkembang melainkan sudah bergeser menjadi maju,” ungkap Sekda.(lie)