Menteri Apresiasi Terobosan Pengelolaan Sampah

Menteri Apresiasi Terobosan Pengelolaan Sampah
SAMPAH : Menteri LHK, Gubernur dan Wakil Gubernur NTB saat berada di TPA Kebon Kongok Kecamatan Gerung.(Fahmy/Radar Lombok)
Advertisement

GIRI MENANG -Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar memberi apresiasi terhadap terobosan Pemerintah Provinsi NTB dalam upaya pengendalian sampah yang ada di TPA Kebon Kongok Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung. Terobosan yang dimaksud adalah upaya mengubah sampah menjadi pelet.

Apresiasi ini disampaikan menteri saar kunjungan kerja ke TPA Kebon Kongok, Minggu (8/3).

Menteri bersama Gubernur dan Wakil Gubernur NTB menyaksikan proses pengolahan sampah menjadi energi pembangkit listrik. Sampah yang diolah bisa mencapai 30 ton lalu dimanfaatkan menjadi bahan bakar pembangkit listrik menggantikan batubara.” Gubernur NTB ini bukan hanya kebanggaan orang NTB. Tapi, beliau kebanggaan Indonesia, saya sudah kenal lama dengan beliau,” ungkap menteri.

Siti meminta UKM TPA Kebon Kongok segera mendaftarkan emisinya di Kementerian LHK.” Dengan harapan, apa yang sesungguhnya milik Provinsi NTB akan menjadi betul-betul milik NTB,” ungkapnya.

Ia mengatakan teknologi RDF yang dimanfaatkan di tempat ini harus menjadi merek dagang dari NTB, karena ini yang pertama kali datang dari NTB.” Ini harus didaftarkan agar NTB menjadi yang pertama,” imbuhnya.

Jika sekarang baru bisa memproduksi 30 ton, diharapkan agar semakin dikembangkan sehingga kedepannya bisa mencapai 100 ton, dengan potensi produksi yang cukup tinggi akan mampu menolong permasalahan sampah yang ada di NTB.

Sementara itu, Gubernur menegaskan, dalam waktu dekat, mesin-mesin buatan NTB akan didistribusikan ke desa-desa dari hulu ke hilir dengan harapan seluruh pengolahan sampah bisa dilakukan di desa-desa. “Industrialisasi dan Zero Waste harus terus jalan beriringan dalam mewujudkan NTB Gemilang.” ungkapnya.(ami)