Mentan Puji Kiprah Gubernur Jadi Trending Topik di Medsos dan Media Online

Najamuddin Amy, S.Sos, MM (Faisal Haris/radarlombok.co.id)

MATARAM-Sejak Sabtu (22/8/2020 sampai dengan Jum’at (28/8/2020, media sosial facebook, twitter dan instagram serta media online di Provinsi NTB diramaikan dengan beragam topik. Namun yang paling menonjol dalam periode tersebut yaitu pujian Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang dilayangkan ke Gubernur NTB terkait dengan kiprahnya dalam bidang pertanian dan peternakan.

Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB Najamuddin Amy, S.Sos, MM mengatakan, berdasarkan laporan analitik media sosial dan online PRCC Biro Humas dan Protokol Provinsi NTB, pada periode 22 Agustus 2020 sampai dengan 28 Agustus 2020, ada lima trending NTB teratas di media sosial facebook. Yang paling tinggi yaitu berita Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang memberikan pujian terhadap kiprah Gubernur NTB saat melaksanakan panen raya padi di Desa Aikmual, Kecamatan Praya Lombok Tengah. “Topik ini mendapatkan engagement sebanyak 4.180 oleh netizen di facebook sepanjang periode ini dan mendapatkan sambutan positif dari netizen,” kata Najamuddin Amy, Senin (31/8/2020). 

Topik selanjutnya, yang menjadi pembicaraan netizen di NTB adalah varietas kurma asli Kabupaten Lombok Utara yang termasuk varietas baru dan terunik didunia. Topik ini mendapatkan engagement sebanyak 1271 dari netizen sepanjang periode ini, dan respon positif dari netizen. 

Topik berikutnya adalah imbauan Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah agar sektor pertanian memanfaatkan teknologi (industrialisasi) sehingga produktivitasnya dapat meningkat. Topik ini mendapatkan engagement sebanyak 1.122 dengan respon sangat positif dari netizen di facebook. “Selanjutnya adalah topik terkait Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang menyatakan bahwa proses pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika yang diperkirakan akan selesai pada Oktober 2021. Topik ini mendapatkan engagement sebanyak 1.088 oleh netizen di NTB dengan respon yang posiitf,” lanjut Bang Najam sapaan akrabnya.

Berikutnya adalah setelah bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang berhasil didistribusi dengan baik, maka selanjutnya Pemprov NTB akan mendistribusikan mesin-mesin buatan asil NTB kepada IKM dan UKM di NTB. Topik ini mendapatkan engagement dari netizen di facebook sebanyak 1.075 dan respon sangat positif dari netizen.

Selain di facebook, top 5 trending topik “NTB” di media sosial twitter juga yang berkaitan dengan aktivitas Gubernur NTB. Sama halnya dengan di facebook, di media sosil twitter berita Mentan yang memberikan pujian kepada Gubernur NTB saat lawatannya ke Provinsi NTB yang paling mendominasi . “Topik ini mendapatkan respon baik dari netizen di twitter (mention dan retweet) sebanyak 99,” tambahnya.

Yang tidak kalah menarik lanjutnya yaitu trending topik “NTB” di media sosial Instagram selama periode 22 sampai 28 Agustus 2020. Dimulai dari imbauan Gubernur NTB agar penyelesaian persoalan lahan untuk sirkuit MotoGP Mandalika diselesaikan secara kekeluargaan. “Topik ini mendapatkan respon yang positif dari netizen dengan engagement sebanyak 3.700,” katanya.

Topik berikutnya adalah STIPark (Sains Techno Industry Park) NTB targetkan produksi 2.130 motor listrik sampai akhir tahun 2020. Topik ini mendapatkan respon positif dengan engagement sebanyak 3.679.  Topik selanjutnya adalah Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Prof. Muhadjir Effendy menyatakan bahwa MotoGP Mandalika sebagai ajang promosi pariwisata NTB. Topik ini mendapatkan respon positif dengan engagement sebanyak 3.186 dari netizen di Instagram. “Topik berikutnya adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Gubernur NTB dan Bupati Loteng melaksanakan panen raya padi di Kecamatan Praya Loteng. Topik ini mendapatkan engegaement sebanyak 2.457 dan beragam respon dari netizen,” ujarnya.

Topik terakhir yang menjadi tren pada periode ini adalah Mentan yang akan menggelontorkan anggaran mencapai 120 M untuk membantu program pertanian di NTB. Topik ini mendapatkan engagement sebanyak 2.457 oleh netizen dan beragam respon, namun dengan kecenderungan respon positif lebih banyak.

Sementara di media online, kegiatan Gubernur dan Mentan menjadi sorotan utama. Sama halnya dengan medsos, media online di NTB ramai memberitakan Mentan Syahrul Yasin Limpo, memberikan pujiannya kepada Gubernur NTB atas kiprahnya di sektor pertanian dan peternakan NTB. “Topik ini menjadi trending topik pertama di media online dengan diberitakan sebanyak 22 dalam periode ini,” lanjut Bang Najam.

Selanjutnya adalah terkait topik Mentan yang melaksanakan panen raya 1.000 ekor Pedet di Kabupaten Lombok Tengah pada saat lawatannya ke NTB. Topik ini diberitakan sebanyak 21 kali selama periode ini. Topik yang menjadi keberhasilan NTB dalam menemukan varietas baru Sapi unggul. “Topik ini diberitakan sebanyak 14 kali oleh media online pada periode ini,” terangnya.

Najamuddin Amy, S.Sos, MM (Faisal Haris/radarlombok.co.id)Topik berikutnya adalah terkait dengan NTB yang menerima bantuan Rp 120 miliar untuk program pertanian di NTB. Topik ini diberitakan sebanyak 12 kali oleh media online. Terakhir adalah topik Mentan mendorong program pertanian di NTB pada saat panen raya padi di Desa Aikmual Kecamatan Praya Lombok Tengah. Topik ini diberitakan sebanyak 11 kali oleh media online selama periode ini. (hms/sal).

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaKasus Positif Melandai, RS Darurat Covid-19 Ditutup
Berita berikutnyaEdarkan Narkoba, Dua Perempuan Diringkus